Prof. Dr. H. Masjaya M.Si Resmi Dilantik Menjadi Rektor Unmul


Masjaya yang sebelumnya menjabat sebagai Pembantu Rektor II Unmul ini mengungguli Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU yang kembali mencalonkan diri, dan juga mengungguli Prof. Dr. Susilo, S.Pd, M.P.

Berlangsung di Gedung D Lantai 2 Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Jakarta, pelantikan Rektor Unmul juga bersamaan dengan pelantikan beberapa Rektor Universitas lainnya, yakni Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Malikul Saleh dan lainnya. Hadir pula Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Dr. H. Awang Faroek Ishak dan Walikota Samarinda H. Syahari Jaang, SH., M.Si.

Pelantikan langsung dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh dan dihadiri perwakilan pejabat di lingkup Kemdikbud, dan pejabat masing-masing Universitas. Pelantikan secara resmi ditandai dengan pengalungan kalung tanda jabatan (Gordon) kepada Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si.

Mohammad Nuh dalam sambutannya mengatakan kepada pejabat yang dilantik untuk menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan jabatan yang diemban.

“Pegang teguh nilai dan tradisi akademik, kalau atmosfer akademik bagus, maka Insya Allah yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa tumbuh dan berkembang baik,” ucapnya.

Mohammad Nuh juga menambahkan fungsi Universitas berhadapan langsung dengan masyarakat, lulusan universitas akan menjadi bentuk nyata kualitas universitas.

“Kalo di SD tidak baik, perbaiki di SMP, jika di SMP tidak baik, perbaiki di SMA, jika tidak baik pula di SMA maka perbaiki di Perguruan Tinggi, namun jika di perguruan tinggi pun tidak baik, maka masyarakatlah yang akan menanggung akibatnya,” tambah mantan Rektor Institute Teknologi 10 November Surabaya (ITS) ini.

Pada pelantikan inipun juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan penyerahan memorandum akhir jabatan Rektor Unmul periode 2010-2014 kepada Rektor Unmul periode 2014-2018.

Selamat bertugas Rektor baru Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, semoga amanah dalam menjalankan tugas dan kewajiban memimpin Unmul hingga 4 tahun mendatang.