Pilih Prodi Etnomusikologi, Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Keterampilan


Tiga materi ujian yang meliputi tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan dalam bentuk wawancara harus dilewati calon mahasiswa baru Universitas Mulawarman (UNMUL) tahun akademik 2018/2019 yang memilih Program Studi (Prodi) Etnomusikologi. Berlokasi di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Jalan Pulau Flores No 1 Samarinda, terdaftar 10 peserta mengikuti ujian. Rabu, (18/07).

Sebelum memulai kegiatan, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Mulawarman (UNMUL), Dr. Mursalim., M.Hum menyampaikan ke depan Prodi Etnomusikologi akan menghasilkan lulusan seni dan musik baik di bidang pendidikan, maupun praktisi.

Dirinya juga berharap, akan terjadi pengembangan musik etnis khas Kaltim, melalui kajian-kajian ilmiah yang berkesinambungan oleh Prodi ini, serta akan muncul ilmuwan musik etnis yang mewakili Kaltim dan menyumbangkan prestasi bagi kekayaan khasanah Etnomusikologi Nusantara. “Tunjukan kemampuan dan bakat ananda sekalian dalam ujian ini,” katanya.

Sementara itu, di Ruang Chairul Anwar tanya jawab pertanyaan seputar bidang ilmu seni di lakukan langsung oleh Kepala Prodi Etnomusikologi. Berlanjut pada tes kemampuan pengenalan nada hingga menguji kemampuan para calon pengkaji seni ini dalam memainkan alat musik tradisional dan modern di Ruang Musik Jaap Kunst FIB UNMUL. (hms/frn)