Peringatan Hari Pahlawan 2017 : Serukan Civitas Unmul Untuk Berjuang, Bekerja dan Berkarya


Semangat dan pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia turut dikobarkan di lingkungan Universitas Mulawarman (Unmul). Hal tersebut terlihat saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11). Agenda tahunan nasional ini diikuti penuh khidmat oleh masyarakat kampus hijau, sebutan Unmul.

“Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan koleKif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur,” ucap Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, saat membacakan amanat Menteri Sosial RI dalam pidatonya.

“Para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur,” imbuh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan Unmul ini.

Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, lanjut Abdunnur, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republlk Indonesia,” urainya.

Di tahun ini, tema yang diangkat dalam memperingati Hari Pahlawan adalah “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. “Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017,” pungkasnya. (hms/rob)