Penyerahan Sertifikat Pendidik Dosen Tahun 2013


Hingga tahun 2013, Unmul telah mengeluarkan Sertifikat Pendidik untuk 634 dosen, yakni 68 persen dari 931 dosen di Universitas Mulawarman.

Selain untuk dosen-dosen di Universitas Mulawarman, Unmul juga bertindak sebagai pengusul dan penilai dan juga ikut menguji dosen dari 28 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU yang langsung menyerahkan sertifikat ini mengungkapkan dengan adanya sertifikasi dosen ini diharapkan dosen lebih profesional dan semangat untuk mendidik mahasiswa.

"Unmul berharap sertifikasi ini menjadikan para pengajar menjadi lebih profesional dan bersemangat untuk mengajar," ucap Rektor.

Sertifikasi dosen sendiri adalah prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mengevaluasi dan menilai profesionalisme dosen dalam menjalankan tugas pengajaran dan pembelajaran di Perguruan Tinggi. Pengakuan profesionalisme dosen dinyatakan dalam bentuk pemberian sertifikat dosen. Pada pelaksanaannya, sertifikasi dosen mengacu pada regulasi, prosedur dan format nasional sertifikasi dosen Departemen Pendidikan Nasional, baik dari segi instrument, mekanisme, pemetaan prioritas dosen yang disertifkasi, uji portofolio dan sebagainya.