Pentaskan Tari Yupa Bercahaya di Panggung FTB VII


Panggung Dewan Sri Kenyalang, University Putra Malaysia, Kampus Bintulu, Sarawak diisi dengan pertunjukan tim tari Universitas Mulawarman (UNMUL) pada ajang Festival Tari Borneo VII tahun 2018. Jum’at,(02/11). Selama 10 menit dan 55 detik, para mahasiswa dari berbagai Fakultas di UNMUL tersebut membawakan tari berjudul Yupa Bercahaya.

Diangkat dari prasasti batu Yupa ke empat yang merupakan bukti tentang keberadaan kerajaan pertama di Indonesia tepatnya di Muara Kaman, Kalimantan Timur (Kaltim) tarian ini menceritakan tentang “Sang Mulawarman Raja yang mulia dan terkemuka yang memberi 20.000 ekor lembu kepada para Brahmana bertempat di tanah yang sangat suci bernama Waprakeswara, kekuatan para kaum wanita sebagai pondasi kehidupan sang Raja untuk menciptakan kedamaian.

Pelatih tim tari UNMUL, Ismed Rizal, SE.,M.Si mengaku cukup puas karena penari yang membawa nama UNMUL diajang tari internasional ini sudah menunjukan penampilan maksimal. Beberapa unsur gerakan penari sebutnya, berharap akan menjadi indikator penilaian terbaik dari dewan juri.

“Keunggulan kami dipertunjukan tadi, anak – anak sudah menampilkan tiga unsur sesuai dengan skenario tarian yang kami rencanakan. Yakni memainkan peranan sebagai seorang bangsawan, prajurit dan hewan yang diinterpretasikan dalam sebuah gerakan,” jelasnya ketika ditemui Humas UNMUL setelah pertunjukan.

Ajang dua tahunan FTB VII tahun ini diikuti oleh 13 Perguruan Tinggi dari tiga negara yaitu unversitas dari Malaysia adalah, Universiti Malaysia Sarawak, Universiti Teknologi MARA Sarawak, College SIDMA Sarawak, Universiti Putra Malaysia Kampus Bintulu Sarawak, Universiti Malaysia Sabah Kampus Antarabangsa Labuan, College SIDMA Sabah, Universiti Teknolgi MARA Sabah serta University Brunei Darussalam. Sementara itu dari Indonesia turut berpartisipasi UNMUL, Universitas Palangkaraya, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Tanjung Pura.  

Setelah berlangsung selama tiga hari, FTB VII tahun 2018 akan ditutup besok, Sabtu, (03/11) dirangkaikan agenda inti kegiatan berupa pengumuman pemenang dan pemberian hadiah. (hms/frn)

 

Laporan Langsung Staf Humas UNMUL dari Bintulu, Negara Bagian Sarawak, Malaysia

Firdan Farezal, S.I.Kom