Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 06 Maret 2018


Sosialsasi SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN 2018 di Samarinda

Sejak tahun 1962 Universitas Mulawarman (Unmul) berdiri, hingga saat ini telah memiliki 14 Fakultas dan satu Program Pasca Sarjana dengan jumlah 91 Program Studi. Tepat di tahun 2017 kemarin, Unmul telah berkareditasi A dari BAN-PT. Paparan tersebut disampaikan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unmul, Drs. La Hasan, M.Si saat mengawali Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) tahun 2018.

Usai melaksanakan Sosialisasi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tim Panitia Lokal seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri Unmul melanjutkan sosialisasi di Samarinda, Senin (19/02). Terlaksana di Ruang Serbaguna Lt.4 Rektorat Unmul, acara ini diikuti seluruh kepala sekolah, guru dan siswa SMA/MA/SMK di wilayah Samarinda.

Kepala Subbagian Akademik dan Evaluasi, Kasidi S.Sos, menjelaskan tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN. “SNMPTN merupakan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik dan biaya ditanggung oleh pemerintah. Sementara SBMPTN merupakan hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan serta biaya disubsidi oleh pemerintah. Adapun SMPTN dilaksanakan sendiri oleh PTN dan biaya dibebankan kepada peserta,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Kasidi, adalah masa pendaftaran SNMPTN bagi para siswa yang memiliki NISN dan telah terdaftar di PDSS hingga tanggal 06 Maret 2018. “Para pendaftar hanya dapat memiliki sebanyak-banyaknya dua PTN. Apabila dua PTN maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Sementara jika memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi manapun,” tuturnya.

“Selanjutnya pendaftar dapat memilih paling banyak tiga program studi dengan ketentuan dalam satu PTN maksimal memilih dua program studi. Hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan pada 17 April 2018 mendatang,” imbuhnya. Acara ini pun ditutup dengan diskusi tanya jawab dengan para guru dan siswa yang hadir. (hms/rob)

Berita Terkait : Tim Sosialisasi Unmul Kunjungi Kabupaten Kota Kaltim

Jadwal dan Materi Sosialisasi dapat di Unduh disini