Pelepasan Kontingen Unmul Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2017


Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 kembali dilaksanakan. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini sebanyak 1.000 mahasiswa, 2.000 pemuda dan 68 siswa dari 34 provinsi turut menjadi bagian dari perhelatan akbar Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang mendapat kesempatan untuk diundang bersama 46 PT lainnya. Berdasarkan seleksi, terpilih 16 mahasiswa angkatan pertama di Unmul yang akan mengikuti ekspedisi ke Pulau Balabalagan, 22-31 Agustus 2017. Para mahasiswa peserta ENJ dengan kapal Perintis ini akan mengikuti pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang disinergikan dengan program Kuliah Kerja Nyata.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Akhmad Syaifudin Encik, MP secara resmi melepas kontingen Unmul melaksanakan ekspedisi ini. “Semoga pengalaman berharga yang didapat selama mengkuti ekspedisi ini menjadi penambah wawasan dan bisa ditularkan kepada teman-teman yang lain. Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia, ini merupakan salah satu hal penting bagi kita semua. Jaga kesehatan, kekompakan dan nama baik universitas mulawarman,” tuturnya di ruang Rapat III Rektorat Unmul.

Untuk diketahui, melalui kegiatan ini diharapkan terbentuknya konektivitas antar masyarakat Indonesia sebangsa dan setanah air yang selama ini masih kurang dijangkau karena kondisi geografisnya. ENJ menjadi sebuah langkah implementasi untuk mendekatkan saudara-saudara kita bahwa NKRI itu satu dan laut yang menjadi pemersatu kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. ENJ juga menjadi upaya untuk menghadirkan Negara di pulau-pulau kecil dan terluar dengan mengirimkan pemuda-pemudi terbaik nusantara agar terjun langsung di masyarakat yang membutuhkan. (hms/rob)