Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Bagi Dosen Unmul


Ketua Lemlit Unmul Prof. Dr. Ir. H. Sipon Muladi dalam sambutannya juga memaparkan contoh penelitian Disertasi progam Doktor. “Untuk penelitian Disertasi dapat dilakukan dengan variasi bidang ilmu yakni, Sosial Humaniora, Eksakta, Kebumian dan Terapan,” ucap Guru Besar Fakultas Kehutanan ini.

“Tersedia dana 30-50juta untuk progam Doktor. Jangan mimpi mendapatkan dana penelitian tanpa mengajukan proposal,” tambahnya.

Para calon peneliti diharapkan dapat mengikuti prosedur sesuai dengan aturan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Utamanya dalam hal Surat Pertanggungjawaban (SPJ), baik biaya perjalanan, belanja dan honor.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si selaku Rektor Unmul juga mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini. “Semoga acara ini dapat meningkatkan pemahaman serta kualitas para dosen. Sehingga nantinya dapat bersaing ditingkat Nasional bahkan Internasional,” tutur Guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

“Atas nama pimpinan Universitas, saya berharap acara ini bukan hanya ceremonial saja. Paling tidak selama satu bulan kedepan sudah ada 100 proposal yang masuk,” Ujar Prof. Masjaya memberi motivasi kepada para dosen.

“Kedepannya Unmul juga akan mengalokasikan dana sekitar 1 Miliar lebih dari dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk para dosen yang akan menulis buku. Target satu atau dua tahun kedepan Unmul bisa menghasilkan ratusan buku, sehingga bisa menjadi pusat literatur bagi mahasiswa,” tambahnya.

Diketahui, untuk batas akhir pengumpulan proposal penelitian yakni tanggal 30 April 2015. Turut hadir dalam acara tersebut Prof. Enos Tangke Arung, Ph.D selaku pemateri. (hms/rob)