Pelatihan Pengelolaan Jurnal Internasional


Mengundang para dosen di lingkungan Universitas Mulawarman (Unmul), UPT. Layanan Internasional (LI) melangsungkan pelatihan pengelolaan jurnal internasional sekaligus pendampingan klinik. Dua pemateri utama berhasil diundang, mereka adalah Prof. Dr. Ir. Kuswanto., MS dari Universitas Brawijaya yang memberikan materi pengelolaan jurnal internasional dan indeksasi internasional Scopus.

Sementara pada sesi selanjutnya, standar operasional Open Journal Systems (OJS) disampaikan oleh Silvi Santi Wahyuni, SE. Sedangkan disesi akhir, pada aspek  IT Dosen Unmul, Putut Pamilih Widagdo, S.Kom., M.Kom menyampaikan pengelolaan keberlanjutan jurnal OJS.

Jum’at, (24/11) di Ruang Kelas UPT. LI, pengelolaan jurnal internasional dikatakan pemateri mirip dengan pengelolaan jurnal nasional, namun jurnal internasional mempunyai prinsip operasi OJS secara lengkap juga melibatkan penulis internasional.

Selain itu, Prof. Kuswanto memaparkan, dalam jurnal internasional akan selalu melibatkan reviewer internasional, yang kemudian didistribusikan dan terindeks secara internasional. “Tidak ketinggalan tentunya bahasa juga kualitas substansi artikel harus internasional,” katanya.

Sebelumnya, Kepala UPT. LI, Widi Sunaryo, SP., M.Si., Ph.D menyatakan pelatihan sehari ini sebagai momentum untuk mengembangan jurnal-jurnal yang ada di Unmul. Pelatihan ini diadakan ungkapnya, karena para dosen di kampus ini memerlukan pembinaan. “Menurut kami hal ini perlu disentuh, dan kami mengingatkan bahwa pengelolaan dan peningkatan jurnal di sebuah universitas sangat penting,” ulasnya.

Selain menambah pengetahuan harapnya, pelatihan ini dapat pula memberikan motivasi kepada para pengelola jurnal di Unmul. “Sehingga suatu saat nanti Unmul bisa mempunyai jurnal internasional bereputasi, serta memiliki jurnal-jurnal nasional terakreditasi,” bebernya. (hms/frn)