Pelatihan LIPI


Berlangsung di Ruang Rapat I, Rektorat Unmul, pelatihan diikuti oleh puluhan mahasiswa Fakultas Kehutanan dari Jenjang S1 sampai S2 dan diagendakan akan dilaksanakan sampai dua hari mulai hari ini, Sabtu, (24/05) sampai Minggu besok (25/05).

Kepala UPT. Ekosistem Tropis dan Pembangunan Berkelanjutan Unmul, Dr. Harmonis menyebutkan, salah satu wujud kerjasama dengan LIPI itu adalah untuk melaksanakan dua agenda penting yaitu pelatihan dan penelitian kolaboratif yang diselenggarakan setelah pelatihan.

“Hari ini pelatihan di ruangan ini, kemudian akan dilanjutkan praktek lapangan di Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS). Setelah itu, dilanjutkan pula penelitian kolaboratif yang datanya diambil dari kawasan Bukit Bangkirai, Bukit Soeharto. Juga direncanakan salah satu sampel yang diambil nanti akan ditindak lanjuti di Amerika Serikat,” katanya.

Lebih jauh diungkapkannya, UPT yang baru berdiri itu, meliputi bidang kegiatan permasalahan lingkungan yang memfokuskan pada kegiatan-kegaitan penelitian, pelatihan dan konsultasi yang berhubungan dengan masalah-masalah lingkungan dan tekanan terhadap eksosistem tropis.

Sementara pada program kegiatan, salah satunya meliputi penelitian dalam ruang lingkup keragaman hayati, sosial ekonomi budaya, tata ruang, teknologi terapan dan hubungan jalinannya yang menciptakan suatu ekosistem khas tropis Kalimantan.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WITA itu, dihadiri Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU dan membuka acara, sementara itu dari LIPI tampak hadir Kepala  Puslit Geoteknologi LIPI yang diwakili oleh Dr. Sri Yudawati Cahyarini. (hms/frn)