PEKSIMINAS XIV Tahun 2018 Resmi Digelar, BPSMI Kaltim Ikuti 8 Tangkai Lomba


Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) edisi ke XIV resmi dibuka oleh Ketua Pengurus Pusat Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (PP BPSMI) yang juga Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd di Lapangan Pancasila, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa, 16 Oktober 2018. Event dua tahunan ini akan dilaksanakan sejak tanggal 16 hingga 20 Oktober 2018 dan akan mempertandingkan 16 tangkai lomba, yakni lomba tari, vokal grup, lomba menyanyi pop, dangdut, keroncong dan seriosa. Selain itu, ada pula lomba penulisan puisi, cerpen, lakon, baca puisi, monolog, lomba lukis, desain poster, fotografi, komikstrip dan serta eksebisi kesenian musik rebana.

Uniknya pada pelaksanaan PEKSIMINAS XIV ini akan digelar bersama oleh 8 perguruan tinggi di Yogyakarta, yakni Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Gadjah MAda (UGM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Atma Jaya (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Akindo, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), dan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD.

Tercatat setidaknya 1000 mahasiswa sebagai peserta ikut ambil bagian dalam PEKSIMINAS ini, yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Informasi ini disampaikan langsung oleh Ketua Panitia PEKSIMINAS XIV Tahun 2018, Drs. Anusapati, M.F.A pada sambutannya. “Mereka akan mengikuti 16 tangkai lomba, sedangkan untuk juri datang dari kalangan akademisi dan professional di bidangnya masing-masing,” ucap Pembantu Rektor III ISI Yogyakarta ini.

Kemudian Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum meminta kepada seluruh peserta agar berlomba dengan mengedepankan nilai-nilai sportifitas, kreatifitas, dan menjaga kebersamaan selama perlombaan berlangsung. “Berlombalah dengan sportif, dengan nyaman, dan yang terpenting ialah kebersamaan kita,” ucapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua PP BPSMI Didin Wahidin mengutarakan bahwa event PEKSIMINAS ini adalah agenda penting tidak hanya bagi mahasiswa, tapi juga berbagai kalangan. “Ajang ini merangsang generasi muda untuk lebih mencintai seni,” tuturnya. “Disini mereka bisa belajar menghargai sesame manusia, membangun hubungan baik dengan mahasiswa se-nusantara serta juga ikut menumbuhkembangkan karakter mahasiswa,” pungkasnya.

BPSMI Kalimantan Timur (Kaltim) yang dipimpin Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syaifuddin, MP mengirimkan 30 peserta yang berasal dari 4 perguruan tinggi di Kalimantan Timur yakni Universitas Mulawarman, Widyagama Mahakam Samarinda, Universitas Balikpapan, dan Institut Teknologi Kalimantan. BPSMI Kaltim mengirimkan perwakilannya di 8 mata lomba, yakni Monolog, Penulisan Lakon, Penulisan Cerpen, Melukis, Desain Poster, Tari, Desain Poster dan Fotografi.

Sementara itu, acara Opening PEKSIMINAS XIV dimeriahkan oleh persembahan tarian kolosal Golong Gilig Praju Manggala, tarian tradisional khas Yogyakarta. Selain itu juga dilaksanakan pengukuhan Dewan Juri dan Juri masing-masing lomba oleh Didin Wahidin sebagai Ketua PP BPSMI.

Laporan Akhmad Rino Cahyadi, Staff Hubungan Masyarakat UNMUL dari DI Yogyakarta