Mulawarman Festival dan Expo 2017 Resmi Dibuka


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Mulawarman (Unmul) melaksanakan pembukaan Mulawarman Festival 2017 yang bertempat di Halaman GOR 27 September, Senin (25/09). Ketua Panitia Mulawarman Festival 2017 Yus Febri Mika dalam laporannya mengatakan Mulawarman Festival ini merupakan salah satu agenda terbesar dilaksanakan BEM KM Unmul, yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut, dari tahun 2015 hingga sekarang. Kami melaksanakan beberapa rangkaian agenda dari Mulawarman Festival.

“Di tahun 2017 ini, kita hadir kembali untuk seluruh teman-teman mahasiswa dan pelajar. Adapun agenda yang kami lombakan tahun ini ada 3, yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa, Pekan Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa (PIKMA), dan Kreasi Anak Bangsa. Pekan olahraga ini ada lima, antara lain, basket, volley, catur, bulu tangkis dan futsal, “tuturnya.

Di PIKMA sendiri lanjut Yus Febri Mika, ada debat nasional dan mulawarman ideas. Sedangkan di kreasi anak bangsa itu ada loma untuk pelajar dan mahasiswa terdiri dari paduan suara, stand up comedy, cipta puisi dan fotografi. Itulah lomba yang kita lombakan di Mulawarman Festival 2017 ini. Secara keseluruhan ada 18 kegiatan lomba, dari opening ceremony hingga closing ceremony. Terima kasih kepada seluruh birokrat kampus yang telah mendung penuh kegiatan ini, sponsorship, dan juga media partner dan juga tokoh-tokoh yang mendukung kegiatan kita. Hingga kegiatan kita pada hari ini yang berjalan dengan lancar.

Presiden BEM KM Unmul Norman Iswahyudi mengucapkan alhamdulillah kita bisa melakukan kegiatan yang sungguh luar biasa ini yang tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik dari universitas atau rektorat, kerja keras dari seluruh panitia, kemudian para donator dan para sponsor yang sudah mendukung kegiatan ini. “Dan Insha Allah kita melaksanakan kegiatan ini hingga 13 Oktober nanti. BEM KM Unmul melaksanakan Mulawarman Festival 2017 ini untuk mewadahi para pemuda-pemuda untuk bisa menyalurkan potensi-potensinya. Ini merupakan suatu kebanggan bagi kampus Unmul, “pungkasnya.  

Sementara Rektor Unmul yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si menuturkan kita hadir disini untuk bersama-sama melaksanakan grand opening Mulawarman Festival dan Expo secara khusus disiapkan, dirancang dan juga merupakan sebuah ekspresi dari generasi emas yang memang kita siapkan. Untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya dari mahasiswa menjadi sarjana selain itu juga sebuah peningkatan pengetahuan. “Dengan adanya Mulawarman Festival ini diharapkan bisa membangun sebuah komunikasi dengan sesama maupun dengan masyarakat. Ini tentu sebagai sebuah bentuk expose diri bagi mahasiswa karena kita sudah ketahui dan kita patut bersyukur dengan peningkatan akreditasi institusi Unmul yang telah meraih akreditasi A,” pintanya.  

Acara ini dihadiri oleh para dekan, wakil dekan, pejabat di lingkungan Unmul, dan Jos Soetomo, serta para mahasiswa. Pembukaan Mulawarman Festival 2017 ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon. (hms/zul)