MIA Pusdima Unmul 2017: Beauty Inside, Syari Outside


Kali ke 7 menyelenggarakan Muslimah In Action, agenda akbar persembahan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Pusdima (Pusat Studi Islam Mahasiswa) Universitas Mulawarman (Unmul), dari Departemen Kemuslimahan Pusdima Mulawarman tahun ini  mempersembahkan Grand Opening MIA dengan mengangkat tema Beauty Inside, Syari Outside.

Dalam talkshownya menghadirkan tiga wanita inspirasi untuk berbagi ilmu. Diantarany, Dokter Bedah Saraf, dr. Dini, sp. BS, selain itu enterpreneur – owner Mira Collection, dan Yuka Kitchen Hj. Yuni Kusasih, S.PdI, serta Dr. Sc. Agr. Nurhasanah, S.P.,M.Si, lulusan S3 George August University Of Goettingen Jerman. Bincang-bincang tersebut dipandu oleh Maya Rahmanah dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan BEM KM Unmul 2017. Acara yang dilaksanakan di Ballroom Masjid Al-Fatihah lantai 2 Unmul ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai tingkatan akademik. MIA juga menghadirkan Nasyid Rainbow (Juara I Nasyid Mia Voice 2016) untuk membuka acara, Minggu (09/04).

Setelah pelaksanaan Grand Opening, tepat pada 10 hingga 14 April dilaksanakan serangkaian acara lomba. Lomba yang disuguhkan diantaranya kaligrafi, indovidgram, poster, fotografi, recycle, Inspiring muslimah, story telling, dan nasyid. Tidak hanya muslimah Mulawarman, para muslimah diberbagai tingkatan pendidikan seperti mahasiswi Politeknik Negeri Samarinda, mahasiswi IAIN Samarinda, siswi SMP dan SMA Samarinda juga turut memeriahkan acara ini. 

Suatu yang berbeda disuguhkan MIA pada penutupan acara lomba yaitu bedah buku dari seorang penulis muslimah muda berbakat, dan telah menerbitkan bukunya di seluruh Indonesia. Lebah Ratih, nama pena dari Nur Ratih yang menerbitkan novel perdananya, Tajwid Cinta.  Banyak inspirasi yang bisa digali dari seorang penulis muslimah ini melalui bukunya. Ia menuturkan, wanita bisa berkarya melalui apa saja yang menjadi kesukaannya jika ia tetap semangat dan istiqamah untuk memberikan manfaat kepada orang lain melalui karya yang diwujudkannya.

Selama 5 hari pelaksanaan lomba, acara di tutup dengan Training Motivasi Muslimah atau Great Muslimah Training yang menghadirkan seorang Motivator Wanita Muda, Tessa Revanda, S.Psi., selain seorang Penulis buku, mahasiswa berprestasi semasa kuliahnya dan pernah mencapai IPK 3,95 ini, terpilih menjadi nominator 15 Pemuda Jawa Tengah Inspiratif, selain itu beliau juga aktif dibeberapa kegiatan Social Intervention Psychology, dan Kids Coaching Indonesia.

Gayanya yang khas dan bersahabat, Tessa membawakan training Temukan Potensi Dirimu, mengajak seluruh peserta untuk menemukan potensi mereka. Peserta cukup antusias, yang dapat dilihat saat sesi tanya-jawab dilakukan. Banyak peserta yang mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang dibawakan oleh motivator muda tersebut. Acara Great Muslimah Training hari itu ditutup dengan mengumumkan para pemenang peserta lomba Muslimah In Action.

“Selain sebagai ajang silaturahmi para muslimah, Great Muslimah Training ini diharapkan, muslimah dapat mengenal potensi dalam diri mereka, sehingga bisa tampil sebagai muslimah yang mempunyai karya dan selalu berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan,”  jelas Nabilla El-Ahmad, selaku ketua Departmen Kemuslimahan Pusdima Unmul diakhir acara akbar Muslimah Mulawarman ini, Sabtu (15/04). (*pdm/hms/rob)