Melalui Sidang Senat Terbuka, UNMUL Resmi Terima 5.413 Mahasiswa Baru


Universitas Mulawarman (UNMUL) secara resmi menerima sebanyak 5.413 mahasiswa baru, yang ditandai dengan dilaksanakannya Sidang Terbuka Senat UNMUL penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR 27 September UNMUL, Rabu (15/08).

Wakil Rektor Bidang Akademik, selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dalam laporannya mengatakan bahwa untuk tahun 2018 ini memang ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya di mana didalam penerimaan mahasiswa baru didahului dengan suatu rangkaian acara yang boleh dikatakan sakral yaitu penerimaan mahasiswa baru dengan Sidang Terbuka Senat UNMUL. “Hari ini tentu saja menjadi keistimewaan karena selama ini tidak ada acara tersebut dan pelepasan mahasiswa saja dalam bentuk wisuda dengan sidang senat terbuka. Oleh karenanya kepada para mahasiswa baru yang hadir dalam kesempatan acara hari ini tentu sangat akan berbahagia. Berdasarkan yang mendaftar ulang dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN dan Afirmasi ada 5.413 mahasiswa. Acara ini nanti akan dilakukan beberapa tahapan yaitu tentu saja Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas lalu besok di acara masing-masing fakultas, yaitu berupa pemberian materi bela negara dan bahaya narkotika,”jelas Prof. Agung dalam laporannya.  

Sidang Terbuka Senat UNMUL dibuka oleh Rektor selaku Ketua Senat UNMUL, yang dihadiri oleh para wakil rektor, para dekan dan anggota senat lainnya. Dalam sambutannya Rektor yang juga Ketua Senat UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, menyampaikan bahwa mahasiswa baru tahun 2018, adalah mahasiswa yang kita anggap sebagai mahasiswa yang mendapatkan suatu keunggulan atau suatu keistimewaan dari berbagai aspek, yaitu diterima dengan dilakukannya sidang senat terbuka, dan diterima disaat-saat semua orang bahagia karena bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Bulan Agustus. Tidak kalah pentingnya hari ini juga kita mendapatkan suatu kepercayaan, selain nanti kita menerima seperti ini di tahun yang sama tadi kita juga menyaksikan bahwa ada jaket atau almamater yang lain dari UNMUL, tadi sudah dilepas yaitu Akademi Keperawatan (Akper) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diserahkan ke UNMUL pengelolaannya dan menjadi bagian dari UNMUL dengan jaket yang baru.

Ini bukti nyata, lanjut Prof. Masjaya, bahwa UNMUL yang berakreditasi A, mendapatkan kepercayaan dari masyarakat kepada UNMUL itu semakin tinggi dan juga pemerintah kepada kita untuk berbagai hal membina sumber daya termasuk mahasiswa yang hadir pada hari ini. “Yang tidak kalah pentingnya yang kami harapkan adalah karena hari ini diterima dengan sidang terbuka senat yang diniatkan secara bagus dalam hati masing-masing, bahwa Insha Allah paling lambat 7 atau 4 tahun itu kita akan lepas lagi menjadi alumni di tempat yang sama dan perlakuan yang sama. Bedanya pada hari ini adalah dibimbing dan dipandu oleh para dosen mahasiswa dari BEM KM dari universitas dan fakultas, “tambahnya.

“Karena selama ini penerimaan mahasiswa baru, mungkin kita sependapat bahwa inilah yang terbaik tahun 2018. Karena semua mengikuti aturan yang kita laksanakan, mengikuti SOP yang sudah digariskan baik panitia universitas, fakultas termasuk yang ada dikepanitiaan masing-masing BEM KM universitas dan fakultas, “tutur Prof. Masjaya dihadapan mahasiswa baru.

Selain ditandai dilakukannya sidang terbuka senat, penerimaan mahasiswa baru ini juga ditandai dengan pemakaian jaket almamater secara simbolis oleh Rektor UNMUL.

(hms/zul/Foto:Firdan,Rino)