Mahasiswa Unmul Tampil di Ajang NUDC Tingkat Nasional


Setelah mengikuti National University Debating Championship (NUDC) di tingkat regional atau wilayah pada bulan Juli lalu, kali ini Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) tampil di ajang NUDC Tingkat Nasional. Mahasiswa Unmul yang mengikuti kegiatan NUDC tingkat nasional ini yakni, Virhans Dipa Alanson dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dan Farezha Achmady Shadin dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Mereka bersaing dari 336 peserta dari 112 Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengikuti kejuaraan debat bahasa Inggris ini. Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini memasuki yang ke-10 tahun.

Kejuaraan ini berlangsung mulai 3 hingga 8 September 2017, yang bertempat di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Kompetisi bergengsi ini memperebutkan gelar juara pertama nasional (champion) dan tiga juara kedua di dua kategori yaitu maindraw dan novice.

Tim yang berhasil meraih juara akan mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan dan akan menjadi delegasi Indonesia untuk mengikuti kejuaraan Internasional, yaitu World University Debating Championship (WUDC) di Meksiko akhir Desember 2017.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad, pada saat pembukaan, Minggu (03/09), mengatakan peserta kejuaraan ini dari kalangan mahasiswa harus mempersiapkan kegitan ini, meyakinkan dosen, mengatur waktu dan berkompetisi dengan baik. “Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi kunci penting sekali di era global saat ini. Dalam debat dilatih berpikir kritis, mendengar dan menerima perbedaan pendapat, bagaimana berargumentasi dan menyampaikan ide-ide,” tegasnya.

Prof. Intan menyampaikan pesan jadilah pembelajar sepanjang hayat, tidak sampai hanya lulus di bidang akademik saja. “Pendidikan yang baik tidak hanya untuk individu, tetapi mengerti masalah orang lain dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu, “tuturnya. (hms/zul)

 

Laporan Langsung Staff Humas Unmul Sulkarnain, S.I.Kom dari Kota Semarang, Jawa Tengah