Mahasiswa Unmul Ini Sosialisasikan Desa Wisata Hidroponik


Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama (FMIPA) Universitas Mulawarman yang tergabung dalam Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) 2017 melakukan sosialisasi mengenai “Wisata Desa Hidroponik”. Desa Sidomulyo, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara dipilih sebagai lokasi kegiatan.

Melalui sosialisasi ini, mahasiswa Unmul ini mengharapkan agar dapat memajukan perkonomian di desa tersebut dan sebagai desa percontohan khususnya di Kukar Kaltim dan di Indonesia pada Umumnya. “Dalam kegiatan ini kami juga telah membangun suatu pusat hidroponik yang nantinya akan dijadikan acuan percontohan hidroponik. Kami adalah pencetus pertama untuk dibentuknya desa wisata hidroponik untuk mengenalkan masyarakat akan pentingnya sayur-sayuran organik yang bebas akan pestisida sekaligus sistem hidroponik yang cukup modern dalam bidang pertanian,” tutur Hendra Saputra selaku ketua Kelompok.

Hidroponik ini dikenal, lanjut Hendra, memiliki omset yang cukup besar dan di distribusi ke pasar modern. “Karena itulah hidroponik dikenalkan ke desa sidomulyo untuk bisa mengangkat desa tersebut menjadi desa percontohaan yang lain bahwa hidroponik memiliki keuntungan-keuntungan yang besar bagi petani maupun masyarakat disana,” imbuhnya.

Diketahui, kelompok PKM yang berasal dari jurusan Biologi ini melakukan sosialisasi awal desa dengan mengenalkan hidroponik kepada anak—anak sekolah dasar disana. Sosialisasi ini dilakukan untuk mengenalkan kepada anak-anak sebagai langkah awal pengenalan lebih dini yang nantiinya akan menjadi generasi penerus desa tersebut.

Dalam kegaitan tersebut juga memberikan suatu kenang-kenangan kepada guru SD berupa satu set hidroponik yang terbuat dari styrofoam buah yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah hidroponik. (hms/rob)