Mahasiswa Unmul Ikuti Sosialisasi KKN DSM


Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Senin, (17/04) menjadi tempat Sosialisasi dan Penguatan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Sejahtera Mandiri (DSM) Kerjasama Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unmul, Prof. Dr. Susilo., M.Pd menjelaskan bahwa Program KKN ini merupakan program pengabdian masyarakat yang terintegrasi langsung dengan program Kemensos RI.

“Saat ini ada 44 mahasiswa dari 10 Fakultas yang terseleksi secara kompetitif untuk mengikuti KKN DSM. Nantinya mereka akan tersebar di beberapa desa di Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Diungkapkannya, Unmul termasuk dari 14 Perguruan Tinggi di Indonesia yang melakukan kerjasama dengan Kemensos RI dalam melakukan pendampingan Program DSM untuk mengakselerasi kesejahteraan warga.

“Dari hari ke hari kita terus melakukan kerjasama dengan Kementerian dan Lembaga terkait untuk perkembangan KKN di Unmul yang lebih baik,” urainya.

Dalam sosialisasi pemaparan pengembangan dan penguatan program DSM diisi oleh Kasubdit Potensi Dunia Usaha Kemensos RI, Latifah Ningrum sebagai narasumber utama. Dijelaskannya bahwa, program DSM ke depan akan melahirkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi warga, memenuhi hak dasar bagi warga, melindungi warga dari berbagai resiko sosial dan ekonomi yang dirasakan, memelihara kearifan lokal, mengendalikan konflik sosial yang terjadi di lingkungannya, serta menjadi bantalan sosial bagi warga yang mengalami berbagai masalah kesejahteraan sosial yang dilandasi oleh potensi dan sumber yang dimiliki. (hms/frn)