Mahasiswa Simak Cara Gegah Penyebaran HIV AIDS


Dunia kerja tidak akan terlepas dari permasalahan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di masyarakat. Para pekerja akan berhadapan dengan kondisi dan situasi kerja yang beresiko tertular dan menularkan HIV, oleh karena itu diperlukan pemahaman yang cukup bagi pengusaha dan pekerja terkait HIV dan AIDS sehingga benar dalam bersikap dan bertindak.

Wazirul Luthfi, perwakilan dari Total E&P Indonesie menegaskan hal tersebut dalam kegiatan Kampanye dan Sosialisasi HIV AIDS dan Narkoba kepada Mahasiswa. Aktivitas yang dihadiri mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul)  ini adalah kerjasama SKK Migas, Total E&P Indonesie dan BNN Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sedangkan AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh yang didapat dari infeksi HIV. Media penularan melalui darah, cairan sperma/semen, cairan vagina, dan air susu ibu. Sedangkan pintu masuk HIV ke dalam tubuh diantaranya dari luka terbuka dan jaringan yang sangat halus,” ucapnya.

Di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat, Jum’at, (06/10), narasumber mengungkapkan tempat kerja merupakan tempat strategis untuk melakukan intervensi pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. Dengan demikian, penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja berperan penting dalam penanggulangan HIV dan AIDS secara keseluruhan. (hms/frn)