Maba FIB Unmul Lewati Ujian Etnomusikologi


Para Maba yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) Unmul tersebut, melewati beberapa praktik ujian untuk menguji kemampuan musikalitas, seperti diantaranya memainkan alat musik tradisional dan modern, menari, hingga melalui serangkaian wawancara seputar bidang ilmu seni.

Pada tahun pertama dibuka, Prodi Etnomusikologi Unmul diminati calon Maba yang sebagian berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, selain itu dari pengamatan di tempat ujian, ada pula pendaftar yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Riau.

Prodi Etnomusikologi FIB Unmul adalah Prodi yang mengkaji bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan dokumentasi musik etnis nusantara pada umumnya dan musik etnis Kalimantan Timur pada khususnya.

Prodi Etnomusikologi diharapkan dapat mewujudkan upaya penggalian dan pengembangan musik etnis khas Kaltim. Melalui kajian-kajian ilmiah yang berkesinambungan yang akan diselenggarakan oleh Program Studi Etnomusikologi, diharapkan akan muncul ilmuwan musik etnis yang mewakili Kaltim dan menyumbangkan prestasi bagi kekayaan khasanah Etnomusikologi Nusantara. (hms/frn)

Berita terkait (Unmul Dipercaya Buka 10 Prodi Baru)