LP3M Beri Pelatihan Bagi Para Dosen


Melalui Pusat Pelatihan/Pengembangan Pendidikan, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL) mengundang para dosen muda di seluruh fakultas untuk memberikan Pelatihan Penyusunan Sumber Belajar di Perguruan Tinggi.

Di Gedung UPT. Layanan Internasional, Jalan Krayan, Gedung Pasca Sarjana Pertanian UNMUL, Rabu, (17/10). Delegasi 14 fakultas tersebut dibekali materi terkait Pengembangan Sumber Belajar Perguruan Tinggi oleh Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd. Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi menyatakan, saat ini setiap Prodi dituntut tidak hanya memiliki akreditasi unggul namun lebih dari itu. Para pengelola Prodi khususnya Dosen sebutnya, harus bersemangat melakukan perbaikan.

“Di era digital seperti sekarang ini sebenarnya sangat dipermudah dalam mencari informasi khususnya bahan – bahan pembelajaran. Para peserta sekalian adalah para generasi baru UNMUL dan akan bertanggung jawab untuk membawa UNMUL lebih baik ke depan. Kami berharap bahwa kesempatan ini tidak di sia-siakan,” harapnya saat memberikan sambutan dan dilanjutkan membuka kegiatan pelatihan secara resmi.

Sementara dalam sesi panyampaian materi, konsep sumber belajar dijelaskan oleh Dr. Sudarman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pelatihan/Pengembangan Pendidikan LP3M adalah segala sesuatu yang secara fungsional dapat dimanfaatkan dan dipergunakan untuk menunjang, memelihara dan memperkaya proses pembelajaran.

Sumber belajar ungkap Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL tersebut diantaranya adalah benda nyata, sistem pelayanan, teknik, prosedur, bahan pembelajaran, dan lingkungan.

“Sumber tidak hanya terbatas pada bahan dan alat, tetapi juga tenaga, biaya dan fasilitas. Penggunaan sumber belajar berpacu pada optimalisasi pencapaian tujuan pembelajaran, rekayasa metodologi, mendinamisir, proses pembelajaran,” jelasnya. (hms/frn)