Live Talkshow di TVRI, Unmul Siapkan Kuota 1.827 Jalur SBMPTN 2017


Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2017 dalam waktu dekat akan ditutup. Pendaftaran yang resmi dibuka sejak 11 April ini akan ditutup tepat pada 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB mendatang. Demi memaksimalkan pemberian informasi kepada masyarakat luas, Universitas Mulawarman (Unmul) sebagai Panitia Lokal (Panlok) 77 Samarinda bersama Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Tim Panitia Pusat mengadakan Talkshow SBMPTN di TVRI Kaltim, Minggu (30/04).

“SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) atau kombinasi ujian tertulis dan ujian keterampilan,” jelas Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS selaku Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Pokja SNMPTN-SBMPTN, Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA. Saat ditanya mengenai perbedaan Computer Based Testing (CBT) dengan Paper Based Testing (PBT), ia mengatakan bedanya hanya pada hal teknis pengerjaan soal. Sedangkan materi ujian semua soalnya sama. “Peserta SBMPTN versi CBT dapat sedikit menghemat waktu karena dengan menggunakan perangkat komputer dan cukup mengklik untuk menentukan jawaban. Peserta juga tetap dapat kembali ke pertanyaan awal yang belum dijawab, jika waktu masih ada,” paparnya.

Dialog publik yang disiarkan secara langsung dari pukul 19.00 hingga 20.00 WITA ini turut dihadiri Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Rektor ITK Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA. Rektor Unmul dalam kesempatan ini menyatakan kesiapan Panlok 77 Samarinda dalam pelaksanaan SBMPTN 2017. “Proses persiapan sampai dengan evaluasi telah dibuat dalam satu sistem yang terkoordinasi baik secara vertikal dan horisontal. Kesiapan infrastruktur dan SDM telah dilakukan dengan baik dan pengalaman selama ini di Panlok 77 berjalan dengan lancar. Panlok 77 siap untuk mensukseskan SBMPTN 2017 dengan sebaik-baiknya,” ucap Prof. Masjaya.

“Untuk pertama kali Unmul juga akan melaksanakan CBT tahun ini yaitu sebanyak 260. Tersedia 30% atau sekitar 1.827 kuota daya tampung jalur SBMPTN 2017 untuk 14 fakultas di Unmul,” imbuh Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

Untuk diketahui, bagi siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 yang ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN dapat mengakses melalui laman www.pendaftaran.sbmptn.ac.id dan membayar biaya seleksi sebesar Rp. 200.000,00 pada Bank Mandiri, BNI dan BTN. (hms/rob)