Kunjungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Universitas Mulawarman


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), perguruan tinggi negeri yang berasal dari Banten berkunjung ke Universitas Mulawarman (Unmul), Senin (21/08). Kunjungan Untirta ini dalam rangka misi percepatan Untirta meraih Akreditasi A, sebagaimana Akreditasi A yang didapatkan Unmul medio Mei 2017 silam.

Keberhasilan Unmul mendapatkan Akreditasi A beberapa waktu yang lalu, merangsang Untirta, yang berada satu program Project IDB Loan dengan Unmul untuk berkunjung ke kampus terbesar di Provinsi Kalimantan Timur ini.

“Kami, diamanatkan oleh Rektor Untirta untuk menimba ilmu dan mencermati langkah-langkah Unmul terkait dengan keberhasilannya mendapatkan predikat prestisius untuk perguruan tinggi ini,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta Dr. H. Fatah Sulaeman, ST, MT yang memimpin rombongan mewakili Rektor Untirta yang berhalangan hadir.

Fatah menjelaskan alasan Unmul menjadi kunjungan pertama mereka adalah untuk  mencari masukan-masukan terkait akreditasi ialah karena Untirta dan Unmul berada dalam satu keluarga besar 4 in 1, penerima Project IDB Loan, selain Universitas Jember dan Universitas Negeri Malang.

“Kunjungan ini berfokus pada akreditasi dan pengembangan kurikulum, kami ingin maju bersama, mengembangkan Untirta menjadi setara dengan pendahulu kami yang mendapatkan Akreditasi A, seperti Unmul dan UNM,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Dr. Bohari Yusuf, M.Si dalam sambutannya memaparkan keadaan Universitas Mulawarman terbaru, dengan 14 Fakultas, 37 ribu mahasiswa aktif, 1000 dosen dan informasi lainnya.

Ia mengucapkan selamat datang kepada rombongan Untirta di kampus hijau Universitas Mulawarman, “Kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan Untirta di Unmul, tanah Borneo,” ujar Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unmul ini. “Mudahan kunjungan ini bermanfaat bagi Unmul dan Untirta, apa yang menjadi tujuan bisa tercapai,” tambahnya.

 

Untirta datang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Fatah Sulaeman, ST, MT, selain itu pula turut hadir dari Untirta, Dekan FEB, Dekan FH, Dekan FKIP, Dekan Fisipol, Dekan FT, Dekan Faperta, Ketua LP3M dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum.  Sementara itu, dari Universitas Mulawarman juga turut hadir para Dekan dan Perwakilan 14 Fakultas, Ketua UPT dan Lembaga.

Menurut rencana, kunjungan ini akan dilaksanakan berupa diskusi dan kunjungan lapangan ke beberapa sarana prasarana di lingkungan Universitas Mulawarman. Diskusi sendiri dilaksanakan di Ruang Rapat 1 Lantai 3 Rektorat Unmul. (hms/arc)