Kunjungan Sosial Budaya Mahasiswa Darmasiswa Ke Danau Semayang dan Melintang


Minggu, 21 Mei 2017, mahasiswa asing yang melaksanakan program Beasiswa Darmasiswa di Universitas Mulawarman berkunjung ke Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kertanegara. Kunjungan sosial budaya ini dilakukan di kawasan Danau Semayang dan Melintang.

Didampingi oleh Dr. H. Mursalim, M.Hum sebagai pengajar program Beasiswa Darmasiswa dan Kabag. Kerjasama dan Humas, H. Rustam, S.Sos., M.Si, 5 orang mahasiswa asing ini mengaku senang  dan bersemangat dalam kunjungan ini. Selain bisa mengenal lebih dekat tentang Kecamatan Kota Bangun, juga pengisi aktifitas di hari libur.

5 orang mahasiswa asing Program Darmasiswa ini ialah Aiste Krinickaite (Lithuania), Anna Jhon Marme (Papua Nugini), Mohamed Mahmud Mohamed Ibrahim (Sudan), Mastura Menihaya (Thailand), dan Nihayati Ningoh (Thailand). Mereka telah menempuh pendidikan di Universitas Mulawarman selama kurun waktu 1 tahun ini.

Seperti diketahui Program Darmasiswa adalah Beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk mahasiswa luar negeri yang ingin belajar di Indonesia. Penerima beasiswa ini akan menyelesaikan studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, beasiswa ini juga ajang promosi seni dan budaya Indonesia sehingga akan menarik wisatawan asing ke Indonesia.

Kunjungan ke Kecamatan Kota Bangun ini difokuskan ke Danau Semayang dan Danau Melintang, salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia, selain itu juga mereka berkunjung ke Desa terapung di tengah danau Semayang dan melintang. Melihat aktifitas warga desa yang mana sebagian besar masyarakat desanya bekerja sebagai nelayan. (hms/arc)