Kuliah Umum Sistem Penyuluhan Pembangunan di Indonesia


Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si hadir membuka acara. Pada sambutannya, Masjaya mengungkapkan harapannya pada peserta kuliah umum ini untuk benar-benar mengambil ilmu, wawasan dan pengetahuan dari pemateri nasional sekaliber Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, M.S.

Masjaya juga menyatakan, bahwa program penyuluhan pertanian di Kalimantan Timur oleh Pemerintahnya juga sedangkan digencarkan, sesuai dengan keinginan Gubernur Kalimantan Timur untuk mempercepat pembangunan di bidang pertanian secara umum yang sangat didukung oleh ketersediaan lahan, dan mengupayakan untuk terus menyediakan ketersediaan sumber daya manusia.

"Kita harus berdayakan sumber daya lokal, karena dari beberapa waktu ke waktu sumber daya manusia yang diberdayakan berasal dari daerah lain," ungkap Masjaya.

Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, M.S sendiri saat membuka paparannya memberikan apresiasi kepada mahasiswa Unmul yang hadir dan terlihat antusias mengikuti kuliah umum.

"Saya senang berada disini, ditengah mahasiswa-mahasiswa hebat, semoga kuliah umum ini memberikan manfaat tiada berbatas bagi kalian mahasiswa dan untuk masyarakat," ucap Totok.