Kuliah Umum Peluang MEA Dihadiri Ratusan Mahasiswa


Peningkatan Daya Saing Produk Unggulan Daerah Memanfaatkan Peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi tema utama kuliah umum yang dihelat di Ruang Serbaguna Lantai Empat, Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul).

Wakil Rektor Bidang Umum Sumber Daya Manusia dan Keuangan Unmul, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si sebelum membuka acara menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tujuan pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk unggulan di daerah.

Mengapa kuliah umum dengan tema tersebut terselenggara di Kampus, karena menurutnya tujuan utama sebuah Perguruan Tinggi adalah menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standar yang cukup juga memiliki kemampuan intelektual dan daya saing yang tinggi.

“Oleh karena itu kita harus menyiapkan diri agar tidak tertinggal dari Negara lain khususnya di wilayah ASEAN. Kita harus bekerja keras untuk meningkatkan daya saing bangsa ini,” jelasnya. Jum'at, (31/03).

Menurutnya, kuliah umum ini sangat beralasan digelar dengan peserta adalah para mahasiswa karena juga akan berdampak terhadap proses belajar di Kampus. “Sehingga saat lulus nanti ada nilai tambah yang dimiliki lulusan Unmul. Tentunya kita semua dituntut untuk melaksanakan akselerasi itu,” terangnya.

Kendati demikian ditegaskannya, bahwa untuk meningkatkan daya saing harus dimulai dari merubah pola pikir pribadi terlebih dahulu. Sebagai pengelola universitas, dalam konteks meningkatkan daya saing, mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini juga menyatakan saat ini Unmul telah melakukan re-arkreditasi institusi dari B ke A. Hal itu penting, karena akreditasi diutarakannya merupakan salah satu syarat penting ketika para alumni Unmul memasuki dunia kerja.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilanjutkan, dan mahasiswa dapat berperan serta terlibat aktif di dalamnya,” urainya.

Sesi inti kuliah umum dimoderatori oleh Kepala Pusat Studi ASEAN Unmul, Dr. AJi Sofyan Effendi., M.Si,  serta sebagai narasumber diisi oleh Berlianto Situngkir. Pria yang menjabat sebagai Kasubdit Komoditi dan SDA Direktorat Kerjasama Ekonomi ASEAN ini memaparkan beberapa data seputar capaian dan perkembangan masyarakat ekonomi ASEAN.

Dihadapan ratusan mahasiswa dari beberapa fakultas yang memadati ruangan tersebut, disampaikan pula berbagai implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. (hms/frn)