Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia Timur Untuk Riset dan Publikasi Terindeks Global


Bertempat di Jimbaran Meeting Room, The Sunset Hotel, Bali, Sabtu (11/03) para pimpinan Fakultas, Direktur dan Ketua Jurusan bidang keahlian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia Timur berkumpul khusus untuk membahas beberapa isu strategis terkait peranan Dosen dan Perguruan Tinggi dalam memberikan sumbangan terhadap publikasi ilmiah, baik secara nasional maupun internasional.

Isu strategis yang dibahas bersama terutama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti penyelenggaran seminar nasional/internasional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (joint research and project) khususnya dalam mengangkat tema dan kondisi kearifan lokal dan sumber daya di wilayah Indonesia Timur melalui kerjasama antar Perguruan Tinggi dari kawasan Indonesia Timur.

Pertemuan di bidang Teknologi Informasi yang digagas bersama dihadiri berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia Timur dari berbagai Provinsi. Universitas Mulawarman (Unmul) yang diwakili Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) turut mengambil peran dalam kesempatan ini.

Pertemuan tersebut bersepakat membangun kerjasama dan membentuk konsosrsium Perguruan Tinggi Indonesia Timur dalam rangka melaksanakan konferensi Nasional/Internasional, mengembangkan publikasi melalui jurnal ilmiah, penelitian kolaborasi serta berbagai macam program yang dapat dilakukan secara bersama-sama.

Pertemuan yang dipimpin oleh, Dr. Nataniel Dengen, M.Si selaku Dekan FKTI Unmul dan Dr. Ir. H. Dirgahayu Lantara, MT, Dekan FIKOM Universitas Muslim Indonesia juga bersepakat membangun kerjasama dibidang pertukaran mahasiswa dan Dosen sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan termasuk pengajaran. Selain itu, PKL dan KKN juga dapat dilaksanakan secara bersama-sama dalam bingkai KKN Nusantara.

Pada pertemuan tersebut juga ditetapkan tentang penyelenggaran Konferensi Nasional/Internasional dengan prosiding terindeks global sebagai upaya Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia Timur untuk memberikan sumbangan publikasi ilmiah dalam rangka meningkatkan produksi publikasi Ilmiah bagi Pendidikan di Indonesia  khususnya bagi Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia Timur.

Kegiatan Konferensi tersebut akan dilaksanakan secara tahunan yang akan dimulai tahun 2017 dan FKTI Universitas Mulawarman sebagai penyelenggara pertama (Host 2017). Penyelenggaraan seminar nasional/internasional dengan sebutan “The 2017 East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT)” yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2017 ini sekaligus penandatanganan kesepakatan – Memorandum of Understanding (MoU) oleh para anggota konsorsium yang dikemas dalam bagian pelaksanaan seminar tersebut.

Dengan digagasnya rencana konferensi tersebut, para anggota sangat antusias dan menargetkan pelaksanaan tahunan ini hingga tahun 2021 dengan menetapkan penyeleggara (host) sebagai berikut : EIConCIT 2018 akan dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia, 2019 dilaksanakan di Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama, Maluku Utara, 2020 dilaksanakan di Universitas Negeri Gorontalo dan 2021 akan dilaksanakan di STMIK Bumi Gora, Mataram.

Menurut Dekan FKTI Unmul Dr. Nataniel Dengen, M.Si, dengan terselenggaranya pertemuan tersebut memberikan harapan bagi Unmul dan Perguruan tinggi lainnya di Indonesia Timur untuk bangkit bersama-sama dalam hal pengembangan jurnal dan publikasi Ilmiah, baik secara Nasional maupun Internasional.

“Kami juga berharap pemerintah dalam hal ini kemenristek-dikti dapat memberikan dukungan dan insentif bagi perguruan tinggi yang masih terbelakang. Khususnya yang ada di Indonesia Timur dalam hal Riset dan publikasi. Supaya diberikan alokasi dana Riset dan Publikasi secara paket dalam rangka mengejar ketertinggalan tersebut,” tutur Dr. Nataniel.

Untuk diketahui, Konsorsium tersebut juga terbuka bagi PTN, PTS yang ada di Indonesia atau Perguruan Tinggi luar negeri yang ingin bergabung dalam EIConCIT. (hms/rob)