Kongres BEM Se-Kalimantan di Universitas Mulawarman


Kongres BEM Se-Kalimantan (Kongres BEM Seka) tahun 2014 dilaksanakan di Universitas Mulawarman mengangkat tema sentral “2014, Kalimantan Harus Berbuat Apa?” dan menggelar beberapa agenda kegiatan utama seperti Seminar Nasional dan Pelatihan.

Senin ( 12/5), di Ruang Serbaguna lantai 4 Rektorat Unmul, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE.,SU didampingi Presiden BEM KM Unmul Haerdy Pratama membuka secara resmi BEM Seka IV tahun 2014 yang dihadiri sekurangnya 250 mahasiswa baik peserta Kongres maupun mahasiswa Unmul.

Haerdy mengungkapkan, alasan Kongres BEM Seka IV mengangkat tema diatas ialah menghidupkan kembali semangat penduduk Kalimantan mengenai nasib masyarakat Kalimantan dalam hal pembangunan di segala bidang.

“Ini kesempatan kita menyampaikan saran kepada tokoh nasional mengenai nasib Kalimantan di tahun 2014, karena tahun 2014 adalah tahun peralihan kepemimpinan nasional, dan ini adalah momentum yang tepat,” ungkap mahasiswa Fakultas Farmasi ini.

Sementara itu pada sambutannya, Rektor mengungkapkan, tema sentral yang diangkat dan berbicara mengenai Kalimantan memang harus terus dibahas, karena menyangkut bagaimana wilayah ini (Kalimantan) terus berkembang baik dari sisi pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusianya.

“Semua pihak harusnya ikut peduli tentang nasib Kalimantan, exploitasi besar-besaran di bumi Kalimantan harusnya memberikan manfaat bagi penduduk di Kalimantan,” tutur Zamruddin.

“Harus ada tindakan nyata yang dilakukan oleh masyarakat Kalimantan agar ada perubahan yang signifikan terhadap pembangunan di segala hal di bumi Kalimantan,” tambahnya.

Seminar Nasional Kongres BEM Seka IV Hadirkan Dino Patti Djalal

Bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 4 Rektorat Unmul, usai pembukaan Kongres BEM Seka IV digelar Seminar Nasional dengan tajuk yang sama yakni “2014, Kalimantan Harus Berbuat Apa?”. Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi panel ini menghadirkan Mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, praktisi aktivis Shikka Songge dan pengamat ekonomi nasional asal Kaltim Adji Sofyan Effendi.

Kongres BEM Seka IV tahun 2014 yang dilaksanakan dari tanggal 12 hingga 18 Mei 2014 akan melaksanakan beberapa agenda lain diantaranya Inspiring Leadership Training Se-Kalimantan dengan tajuk utama “Inspirasi Dari Kalimantan Untuk Indonesia”. Ditutup dengan agenda field trip wisata seluruh peserta kongres pada tanggal 18 Mei 2014.