Kerjasama Polri dan Unmul Terus Berlanjut


Kerjasama Universitas Mulawarman (Unmul) dalam bidang penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan bersama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dipastikan terus berlanjut. Hal itu terwujud setelah kedua entitas ini kembali menyepakati penandatanganan naskah perpanjangan Nota Kesepahaman, di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat Unmul, Selasa, (31/10).

Irjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto., M.Si selaku Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, diwakili Karojianstra SSDM Polri, Brigjen. Pol. Drs. Wahyu Widada., M.Phil, bersama Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si hadir bersama untuk menandatangani Nota Kesepahaman.

Rektor Unmul mengungkapkan, kerjasama dengan Polri selama ini sudah berjalan dengan baik. Salah satunya dengan bergabungnya 53 mahasiswa dari Polda Kaltim yang saat ini sedang menempuh studi di beberapa Fakultas yang ada di Kampus Gunung Kelua sebutan Unmul.

“Jika tidak bagus maka tidak akan mungkin diperpanjang. Oleh karena itu kami berterima kasih karena masih dipercaya. Dan kami juga memang sangat membutuhkan kerjasama kemitraan dalam berbagai hal khususnya dalam perkembangan Sumber Daya Manusia,” tuturnya. Terlebih, urainya, agar Unmul ke depan bisa lebih berkiprah dan memberi kontribusi positif dalam pembangunan bangsa, khususnya Samarinda dan Kaltim.

“Kami ingin menyampaikan bahwa kerjasama seperti ini saya pikir bukan untuk satu angkatan. Jika memungkinkan angkatan selanjutnya, karena kami sekarang mempunyai 14 Fakultas,” tambahnya. Rektor juga menginginkan pada wisuda nanti ada diantara para mahasiswa yang merupakan anggota kepolisian dapat lulus dengan predikat terbaik.

Senada, Karojianstra SSDM menyatakan, MoU ini dirasakan sangat banyak manfaatnya. Apalagi dengan program-program yang sudah dilakukan Polda Kaltim, terkait dengan peningkatan kapasitas SDM Polri yang sekarang sedang dibangun, dan ditingkatkan di Unmul dengan dukungan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kaltim. Polri, ungkapnya saat ini telah memiliki 28 kerjasama dengan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia termasuk Unmul.

Tidak ketinggalam, klepada para mahasiswa yang berkuliah di Unmul, dirinya berpesan, agar bisa lulus tepat waktu dan mendapatkan predikat kelulusan terbaik.

“Keingininan Bapak Kapolri adalah bagaimana kita bisa menyiapkan SDM Polri yang unggul dan kompetitif, membangun manusia-manusia yang unggul tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat, namun memerlukan proses yang panjang. Salah satunya adalah dengan membangun kerjasama bersama pihak-pihak yang memiliki kapasitas di bidangnya,” ujarnya.

Lulusan terbaik Akpol tahun 1991 itu berharap, kerjasama ini sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas SDM Polri, karena kemampuan dari internal Polri diakui terbatas untuk pembangunan SDM. “Terima kasih kepada Unmul yang sudah membantu kami dalam melaksanakan peningkatkan kapasitas building melalui MoU dan juga telah mendidik rekan-rekan kami untuk bisa meraih ilmu pengetahuan yang lebih baik lagi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat bangsa dan Negara,” tutupnya. (hms/frn)