Kerjasama dengan IAPI, FEB Unmul Buka Laboratorium Test Center Publik Akuntan


Bertempat di Ruang Serbaguna Lantai I ITC Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman (Unmul), FEB Unmul melakukan berbagai kegiatan dari kerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), peresmian laboratorium test center publik akuntan, hingga sosialiasi dari IAPI di hadapan dosen dan mahasiswa Unmul, Senin (24/07).

Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengatakan kegiatan yang kita lakukan pada hari ini merupakan dalam rangka ingin membangun komunikasi . Banyak hikmah dan manfaat yang bisa kita ambil pada kegiatan ini Unmul pada umumnya dan FEB pada khususnya. Rektor juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pak Tako Sunaryo, walaupun Pak Tako Sunaryo sempat mengenyam pendidikan di Unmul namun tidak sampai menjadi alumni tapi beliau sangat peduli dan perhatian tentang pendidikan hal itu dibuktikan beliau pada hari ini.

Lebih lanjut, Prof. Masjaya menambahkan, dari gambaran saya selama ini banyak keberhasilan dan ucapan selamat, baru bisa diberikan kalau sudah diuji oleh para akuntan publik. Dengan lahirnya kerjasama ini memotong mata rantai dan melahirkan kader baru terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka mendidik menjadi akuntan publik yang professional yang tentunya memiliki sertifikat. Dengan adanya kerjasama ini saya pikir akan menjadi sarana atau tempat untuk mendapatkan sertifikat, jadi tidak perlu bersusah payah lagi ke Jakarta untuk mendapatkan sertifikat profesi akuntansi.

“Semoga dalam 1 minggu ini sudah banyak yang mendaftar lewat test center ini untuk diuji. Hal ini juga merupakan suatu lompatan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena nilai akreditasi suatu institusi tidak hanya dinilai selembar kertas tapi lebih banyak ditentukan dan diyakini oleh orang kalau semakin banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan termasuk meningkatkan SDM,”pintanya.

“Jadi kalau 2 tahun nanti atau 3 tahun berikutnya sudah banyak berdiri kantor akuntan publik di Kalimantan Timur (Kaltim) terlebih khusus di Samarinda itu akan terasa ketika ujiannya di FEB Unmul karena ini merupakan kebanggaan buat kita karena tidak lagi harus kedaerah lain. Dengan dekatnya sarana ini terhadap pada yang ingin mendapatkan sertifikat agar semakin berlomba-lomba untuk mendapatkan sertifikat. Karena sertifikat itu merupakan simbol dan sebagai garansi bagi seseorang menuju professional, tentunya ada ketentuan yang harus dilalui,”tutur Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di hadapan Para Wakil Rektor, Dekan FEB, Ketua IAPI, dosen-dosen FEB dan para mahasiswa.

Sementara itu, Dekan FEB Unmul Prof. Dr. Syarifah Hudayah, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua IAPI yang telah bersedia hadir dan memberikan sosialisasi mengenai akuntansi pubik. Agenda seperti ini merupakan salah satu program untuk mengejar dan memperbaiki akreditasi yang ada di fakultas. “Selain peningkatan lulusan, jurusan akuntansi harus memiliki keterampilan yaitu CPA,”harapnya.

Senada dengan Rektor dan Dekan FEB Unmul, Ketua Umum IAPI Tarko Sunaryo, MBA., CPA mengatakan IAPI merupakan organisasi profesi akuntansi publik, dimana memiliki kampus dan dosen. “Tetapi, IAPI memiliki anggota, yaitu para anggota akuntan public di seluruh Indonesia. Seorang akuntan publik juga harus memiliki CPA, yang harus memiliki kompetensi dan siap berkompetisi dan bersaing,”jelasnya. (hms/zul)