Kemenhan RI Dukung Ekspedisi Imapa Unmul


Sebuah ekspedisi kembali dilakukan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Imapa). Kali ini perjalanan yang diberi nama Ekspedisi Mulawarman itu merupakan salah satu kado dari para pecinta lingkungan hidup dan konservasi alam untuk Dies Natalis Unmul yang ke 55 tahun yang jatuh pada bulan September nanti.

Mengapresiasi aktivitas tersebut, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia (RI)  memberikan dukungan berupa peralatan Handy Talky (HT) sebagai sarana penunjang ekspedisi yang dijadwalkan berlangsung pada satu Agustus hingga awal bulan Oktober 2017.  

Bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP, Ketua Imapa Unmul, Aryoga Oktabriangga Saputra secara simbolis menerima bantuan dari Kepala Kantor Pertahanan (Kanhan), Kalimantan Timur (Kaltim), Brigjen TNI Rukman Ahmad, S. IP, M. Si di Rektorat Unmul, Rabu, (31/05).

“Ekspedisi Mulawarman, mengapa kami namakan Mulawarman karena kegiatan ini nantinya akan kami hadiahkan untuk Dies Natalis Unmul ke 55 tahun. Tujuan umum kegiatannya adalah budaya, pariwisata dan sosial ekonomi,” terang Ketua Imapa.

Pria yang disapa Mitun ini menerangkan, ekspedisi ini akan dilakukan di berbagai lokasi oleh empat Divisi Imapa yakni, Divisi Gunung Hutan, Divisi Panjat Tebing, Divisi Penelusuran Goa, dan Divisi Arung Jeram. Nantinya ada dua provinsi yang dikunjungi yakni Kaltim dan Kaltara, misalnya, Divisi Gunung Hutan melakukan pembuatan jalur pemetaan kemudian membuat titik trianggulasi di Mahulu. “Mereka akan selama satu bulan berada disana. Menariknya, lokasi yang akan didatangi memang belum terjamah manusia,” ungkapnya.

Selanjutnya, papar Mitun, pada bulan September ada dua tim lagi yang berangkat yaitu dari Divisi Arung Jeram dan Divisi Penelusuran Goa. “Penelusuran Goanya ada di Kabupaten Berau, Arum Jeramnya ada di Kabupaten Malinau. Harapannya, kami bisa menyelesaikan ekspedisi ini dengan sukses, dan targetnya juga dipenuhi, yang nantinya akan dituliskan dalam bentuk laporan serta sebuah buku,” harapnya. (hms/frn)