Kembangkan Potensi Diri, UPT. PERKASA Adakan Pelatihan Soft Skill


Pembekalan diri sebelum memasuki dunia kerja sudah barang tentu dibutuhkan bagi para calon sarjana. Persiapan ini menjadi hal penting dalam meningkatkan kualitas dan potensi diri ditengah persaingan yang semakin global. Demi menunjang hal tersebut, UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PERKASA) Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar pelatihan Soft Skill Batch 2, Rabu (21/02).

“Pelatihan ini ditujukan kepada para mahasiswa dan alumni Universitas Mulawarman. Kami tidak menawarkan kegiatan yang bersifat materil, tapi lebih kepada mengisi isi kepala kita dengan wawasan, pengembangan SDM, dan membuka lapangan pekerjaan,” ucap Kepala UPT. PERKASA Unmul, Uni W. Sagena, M.Si., Ph.D dalam sambutannya.

“Visi UPT. PERKASA adalah untuk mewujudkan lulusan yang profesional, berdaya saing tinggi, dan berjiwa kewirausahaan yang berbasis pada keunggulan lokal. Dalam pelatihan ini para peserta akan diajarkan bagaimana menjadi seorang public speaker, mengelola emosi di dunia kerja, dan bekerja dalam team work,” imbuhnya.

Para peserta, lanjutnya, kami harapkan bisa mengikuti dari awal sampai akhir, karena acara ini akan berlangsung hingga dua hari kedepan. “Pelatihan soft skil ini akan membuka pikiran, bahwa bekerja bukan hanya mengandalkan IP tinggi semata, tapi mengedepankan soft skill,” tegasnya.

Hadir membuka acara Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul, Dr. Bibit Suhatmady, S.Pd., M.Pd yang turut mengapresiasi acara ini. “Sesuatu tidak harus dimulai dari yang besar dulu, tapi sesuatu itu bisa berasal dari yang kecil seperti mengikuti pelatihan soft skill ini. Sesuatu yang kita awali dari diri kita, kelak akan menjadi manfaat untuk kita,” tuturnya.

Kegiatan ini lanjutnya, menjadi sesuatu yang akan merubah, membuat kita berpikir dan berkreatifitas. “Serta membangun diri sendiri menjadi manusia yang lebih baik dari sekarang dan menggali potensi diri. Itu yang diharapkan dari acara ini, mungkin manfaatnya belum dapat dirasakan sekarang, tapi mungkin nanti dimasa akan datang,” tambahnya.

Untuk diketahui, acara yang terselenggara di Ruang Serbaguna Rektorat Lt.4 Unmul ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya. Diantaranya, Dr. Hadi Pranoto, Dr. Andi Noor Asikin, Rusliansyah, SE., M.Si, Mukti Priatomo, M.Si., Apt, Rina Riyanti, M.Psi., Psikolog, dan Yulia Wahyuningrum, M.Psi., Psikolog. (hms/rob)