Kampus Nusantara Mengaji Serentak Digelar


Rektor: Unmul Siap Jadi Tuan Rumah

Lantunan ayat suci Al Quran terdengar syahdu dibacakan. Selain melaksanakan ibadah Sholat Maghrib dan Isya secara berjamaah, Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi saksi bisu iringan suara-suara indah mentartilkan ayat-ayat Al Quran yang dibacakan puluhan mahasiswa Kampus Hijau yang tergabung dalam Pusat Studi Mahasiswa (Pusdima) Unmul, Jum’at, (10/03).

Pukul 21.00 WITA, gerakan Kampus Nusantara Mengaji gagasan Pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Republik Indonesia, serentak dimulai. Adapun pelaksanaannya berpusat di Masjid Nurul Huda, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Unmul bersama 40 Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia serentak melaksanakan kegiatan serupa secara bersamaan dan terhubung dengan fasilitas tele conference. Khataman Quran dipimpin langsung oleh Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Diawali dengan membaca Surah Al-Fatihah, Adh Dhuha sampai An Naas bersama dengan Jamaah.

Saat memberikan sambutannya M. Nasir menjelaskan, bahwa kampus nusantara mengaji sebenarnya sudah dilakukan sejak setahun yang lalu. Kegiatan ini diakuinya, akan mendamaikan bangsa dari berbagai persoalan yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah dirintis akhir tahun 2015 silam. Insiatornya adalah Pak Muhaimin Iskandar, dan kami berinisiatif mengdeklarasikannya,” jelasnya.

Sementara itu, saat disapa oleh Menteri dalam sambungan tele conference, Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si selain melaporkan aktivitas yang sudah dilakukan dalam keikutsertaannya di kegiatan ini. Dirinya pun menyatakan kesiapan universitas yang dipimpinnya jika dipercaya menjadi tuan rumah Kampus Nusantara Mengaji pada tahun-tahun berikutnya.

“Segenap civitas akademika Unmul, melaporkan kepada bapak Menteri, bahwa jika dipercaya kami siap untuk menjadi penyelenggara atau tuan rumah gerakan khatam Al Quran serentak Perguruan Tinggi se Indonesia pada gelaran berikutnya,” urai Rektor.

Kampus Nusantara Mengaji diluncurkan oleh Menristekdikti di UNS Solo. Peluncuran yang dihadiri sejumlah tokoh nasional antara lain mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mantan Mendikbud Muhammad Nuh, serta Pendiri ESQ Ary Ginanjar itu, sekaligus menandai deklarasi serupa di 40 kampus seluruh Indonesia. (hms/frn)