Kampus Nusantara Mengaji, Menristekdikti: Jaga, Muliakan dan Amalkan Isi Kandungan dalam Al-Quran


Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia (RI) Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D turut memberikan sapaan kepada Civitas Akademika Universitas Mulawarman (Unmul) melalui teleconference diantara perguruan tinggi lainnya. Menristekdikti menyapa Unmul saat memberikan sambutan dalam kegiatan Kampus Nusantara Mengaji, Senin (06/11).

Kali ini, kegiatan ini dipusatkan di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang. Acara yang dilaksanakan di Kota Palembang ini dalam rangka Dies Natalis Unsri yang ke-57. Menristekdikti yang memimpin langsung kegiatan ini memberikan komando dimulainya kegiatan khataman Al-Qur’an di 15 kampus secara serentak.

Dalam sambutannya Prof. Mohamad Nasir mengatakan dengan kita membaca Al-Qur’an akan memberikan kedamaian. “Saya mengajak seluruh masyarakat muslim untuk terus memuliakan, menjaga dan mengamalkan isi kandungan dalam Al-Qur’an, “tuturnya.

Al-Qur’an menurut Prof. Nasir memang seharusnya menjadi primadona bagi setiap muslim. Tidak hanya kebutuhan, tetapi juga pedoman hidup. Untuk memuliakan Al-Qur’an yang paling baik adalah dengan menghafal dan mengamalkannya.

“Untuk itu, Menristekdikti sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Kampus Nusantara Mengaji. Kegiatan ini telah berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an secara serentak dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Dengan memahami isi Al-Qur’an, lantas diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,”terang Prof. Nasir.

Sementara, penyelenggaran Kampus Nusantara Mengaji di Gedung Rektorat Unmul berlangsung dengan khidmat dengan dihadiri oleh Rektor Unmul, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Ketua SPI, Para Dekan Fakultas, Wakil Dekan Fakultas, dosen, para pejabat dilingkungan Unmul serta mahasiswa.

Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan kita menghadiri kegiatan seperti akan menambah nilai-nilai kebaikan pada diri kita. Pertahankan dan terus jaga semangat dalam melakukan kegiatan nusantara mengaji ini. “Alangkah baiknya juga kita melaksanakan kegiatan seperti mengaji ini paling tidak sebulan sekali. Insha Allah kita coba akan mengagendakannya, agar kita semua mendapat keberkahan dari Allah SWT, pintanya.

“Kegiatan tersebut sangat bagus, apalagi untuk kesejahteraan, kelangsungan, peningkatan dan kejayaan Unmul dengan kita mengaji bersama setiap bulan. Jadi, sangat berpengaruh dan mendapatkan nilai positif didalam kehidupan kita sehari-hari, “jelasnya. (hms/zul)