Kaji Manajemen RTH, Fahrul Agus Raih Gelar Doktor Ilmu Kehutanan


Saat ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung di Ruang Rapat I, Lantai 3 Rektorat Unmul itu, Fahrul Agus berhasil mempertahankan disertasi “Integrasi Model Analisis Keputusan dengan Sistem Informasi Geografi Partisipatif untuk Manajemen Ruang Wilayah Perkotaan (Suatu Prototipe WebSIG Partisipatif Penentuan Ruang Terbuka Hijau Kota Samarinda)”.

Model ini meupakan inovasi terbaru dengan menggunakan teknologi WebSIG yang berbasis partisipasi masyarakat sehingga di dalam perencanaan dan pengelolaan kawasan ekologi kota menjadi lebih efisien dan efektif.  

Dihadapan Prof. Dr. Ir. H. Afif Ruchaemi, M.Agr., Sc, Dr. Ir. H. Sumaryono, M.Sc, dan Prof. Dr. Lambang Subagyo., M.Sc sebagai promotor, ia menjelaskan hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk memberikan manfaat pada beberapa pihak antara lain bagi akademik dan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, bagi masyarakat serta bagi Pemerintah Kabupaten/Kota.

Fahrul melakukan penelitian dengan metode prosedur penelitian menggunakan tahap pengumpulan bahan untuk analisis model keputusan yaitu penentuan bobot kriteria dengan cara wawancara mendalam untuk menggali persepsi responden yang bertindak sebagai key-person.

Dalam presentasinya, ia mengemukakan, penentuan lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Samarinda dapat dimodelkan dengan analisis keputusan menggunakan metode diantaranya multikriteria atau Multicriteria Decision Analisys (MCDA) AHP untuk penentuan keputusan individual, dan metode voting untuk pengambilan keputusan secara partsipatif (group).

Di akhir ujian, hasil dari para penguji, pria kelahiran 26 September 1969 itu, dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan resmi menyandang gelar doktor ilmu kehutanan. (hms/frn)