Kabupaten Mahulu Jadi Tujuan Sosialisasi Tim Unmul


Kendala Input PDSS, Unmul Siap Fasilitasi

Meskipun terletak di perbatasan wilayah Indonesia dan Malaysia, tidak menyurutkan semangat tim sosialisasi Universitas Mulawarman (Unmul) untuk tetap memberikan sosialisasi seputar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) tahun 2018 kepada para siswa di daerah yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia tersebut.

Setelah menyusuri Sungai Mahakam selama beberapa jam, tim Unmul tiba di SMAN 1 Long Bagun, Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kamis, (22/02) dan disambut oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Mahulu yang juga merangkap sebagai Kepala SMAN 1 Long Bagun, Juk Hajang, S.Pd.

Informasi yang disampaikan diakuinya sangatlah penting bagi para siswa di Mahulu, khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan tim dari Unmul. Pesan saya kepada siswa untuk memperhatikan betul informasi yang disampaikan. Sosialisasi ini sangat berguna bagi peserta didik kami yang berada di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu untuk meraih masa depan,” harap Juk Hajang.

Mengawali paparan dengan menyampaikan sekilas tentang Unmul, Kepala Bagian Akademik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unmul, Drs. Edward Doran juga menyajikan data peminat dan diterima dari sekolah – sekolah di Kabupaten Mahulu pada tahun 2017. “Tahun lalu, ada 25 orang jumlah peminat dan sembilan orang yang lulus masuk di Unmul,” katanya didampingi Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAK Unmul, Abdul Khadir, S.Kom., M.Si.

Terhadap persoalan akses internet untuk penginputan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang sering dihadapi Kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Timur ini. Ia menawarkan untuk memfasilitasi persoalan tersebut dengan menyiapkan tim khusus di kampus Unmul guna membantu pihak sekolah. “Pihak sekolah nanti bisa mengirimkan perwakilannya, misalnya tenaga IT sekolah dengan membawa beberapa berkas pendukung untuk penginputan di portal PDSS SNMPTN,” urainya.

Meski begitu sambungnya, bagi siswa yang tidak bisa mengikuti SNMPTN tahun ini masih berkesempatan menempuh jalur SBMPTN yang pendaftarannya dibuka mulai lima hingga 27 April mendatang. Serta di Unmul tersedia pula jalur SMMPTN yang dibuka tanggal 25 Juni sampai 10 Juli 2018 nanti. (hms/frn)

 

Laporan Langsung Humas Unmul dari Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu