Jumat Sehat Ala BPJS Kesehatan


Senam pagi bersama dan pembagian hadiah doorprize menjadi awal kegiatan, Jum’at, (05/12) pagi di halaman Rektorat Unmul yang dihadiri langsung oelh Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si. Senam yang diikuti puluhan pegawai dan dosen tersebut ditutup dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama sebuah sepeda.

Tidak sampai disitu, kegiatan yang dihelat kantor BPJS Kesehatan cabang Kota Samarinda itu dilanjutkan dengan pemaparan dan sosialisasi JKN BPJS Kesehatan serta kegiatan Trainee of Trainer (ToT) bagi mahasiswa Unmul.

“Tujuan agenda yang kesekian kalinya ini adalah membangun hubungan kemitraan dan memberikan pemahaman serta persepsi yang sama mengenai program pemerintah yang mulai digulirkan pada tanggal 1 Januari 2014 lalu,” ungkap, Kepala BPJS cabang Samarinda, dr. Endang Diarty, di Ruang Serbaguna Rektorat Unmul.

Program-program BPJS Kesehatan, juga menurutnya, agar bisa sampai kepada masyarakat luas diperlukan peran mahasiswa untuk menyebarluaskan informasi tersebut dalam berbagai kegiatan pengabdian di masyarakat.

“Kami meminta pula mahasiswa untuk menjelaskan tentang JKN ke masyarakat luas, itulah sebabnya kami menyelenggarakan pula ToT. Harapannya bisa berkesinambungan dan para mahasiswa nanti bisa memberikan informasi ke mereka saat menjalankan program pengadian pada masyarakat,” jelasnya.  

Rektor dalam kesempatan tersebut, mengajak para peserta untuk memberikan perhatian khusus pada kegiatan sehari ini. Menurutnya, program kesehatan gratis dari pemerintah ini belum sepenuhnya diketahui oleh khalayak luas.

“Terima kasih kepada BPJS yang telah membangun kerjasama ini. Perlu diketahui pula bahwa, beberapa minggu lalu Unmul juga sudah menjalin kerjasama yang tertuang dalam penandatanganan MoU bersama BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pemateri dalam acara ini adalah dokter BPJS sekaligus tercatat sebagai Ketua Ikatan Dharma Wanita Persatuan Unmul, dr. Hj. Padilah Mante Runa Masjaya., M.Si. Dihadapan para peserta, Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam,dan Ketua Persatuan Diabetes Indonesia Cabang Kota Samarinda  ini menyampaikan materi mengenai penyakit diabetes mellitus. (hms/frn)