Ini dia Tips Lolos Jurnal Ilmiah


“Untuk lebih detailnya, bisa membaca artikel kiat – kiat menulis jurnal ilmiah di website ISJ”, ucapnyadi sela – sela acara seminar dan pelatihan jurnal internasional bertema “Mari Bangun Kaltim Melalui Pendidikan dan Penelitian” di Ruang Serbaguna Rektorat Unmul, Jum’at, (28/02).

Alumni Fakultas Ekonomi Unmul tersebut menambahkan, menulis jurnal ilmiah bukan merupakan pekerjaan mudah, tetapi tidak ada salahnya jika dilatih. “Jika anda punya artikel yang siap dijurnalkan, pertama sebelum menulis jurnal ilmiah disarankan untuk mengetahui lingkup bidang keilmuan suatu jurnal, untuk mengecek apakah artikel kita sesuai, kedua mengunduh template dan membuat kerangka tulisan sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku, ketiga menulis artikel yang sesuai dengan aturan penulisan jurnal tersebut,” terangnya.

ISJ adalah lembaga hasil kolaborasi seluruh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di seluruh dunia yang diwadahi oleh PPI Dunia (OISAA). Jurnal pelajar Indonesia muncul sebagai gerakan kesadaran pelajar Indonesia di seluruh dunia untuk meningkatkan kapabilitas akademik pelajar Indonesia di bidang pendidikan dan penelitian melalui penerbitan jurnal ilmiah di website ISJ.

Seminar dan pelatihan yang direncanakan akan berlangsung hingga Sabtu, (01/03) mendatang merupakan gagasan ISJ dan didukung oleh Overseas Indonesian Students Association Alliance (OISAA), Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia (MITI), dan Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional. Pada hari pertama ini, kegiatan diawali kegiatan serimonial yakni pemaparan materi dari perwakilan Dinas Pendidikan Kaltim dan Balitbangda Provinsi Kaltim. Sedangkan pada hari berikutnya, akan diisi pelatihan penulisan jurnal internasional dari beberapa pemateri di lingkungan Unmul. (hms/frn)