Ini Dia Syarat Baru Ikuti SBMPTN 2019


Tim Sosialisasi UNMUL Kunjungi Kabupaten dan Kota di Kaltim

Ada persyaratan baru untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019. Syarat tersebut adalah, para siswa peserta wajib memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebelum mendaftar di jalur SBMPTN.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Akademik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Drs. Edward Doran, didampingi Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAK Universitas Mulawarman (UNMUL) Abdul Khadir, S.Kom., M.Si, saat memimpin tim UNMUL dalam Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN serta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) tahun 2019 di Ruang Serbaguna SMAN 2 Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Selain secara kelembagaan perbandingan SBMPTN tahun ini adalah tidak lagi dilaksanakan oleh panitia pusat melainkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dibentuk Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), setiap siswa juga hanya diperbolehkan memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN,” jelasnya dihadapan perwakilan ratusan siswa se-Kabupaten Kukar. Senin, (11/02).

Di ruangan yang sama, deskripsi dan persyaratan serta tahap pendaftaran SBMPTN tahun 2019 disampaikan Abdul Khadir, S.Kom., M.Si dalam layar presentasi. Peserta yang mendaftar di SNMPTN paparnya, apabila tidak diterima dan akan mendaftar di SBMPTN tidak perlu mengisi data. Karena sambungnya, peserta yang sudah dinyatakan diterima di SNMPTN otomatis tidak dapat mendaftar di SBMPTN.

“Pelaksanaan UTBK pada tanggal 13 April sampai dengan 26 Mei 2019. Peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimal dua kali dengan biaya sebesar 200 ribu rupiah untuk setiap kali mengikuti UTBK. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN,” katanya.

“Sedangkan pendaftaran untuk Memilih PTN dan Program Studi, pada 10 hingga 24 Juni 2019 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Peserta Harus Memiliki Nilai UTBK. Adapun pengumuman hasil seleksi, tanggal 9 Juli 2019 dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id,” tambahnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Kukar, H. Asran, S.Pd., M.Pd yang hadir di sosialisasi ini mengapresiasi tim sosialisasi UNMUL yang rutin setiap tahun melaksanakan kegiatan serupa. “Kepada anak–anak pelajar di kelas 12, yang hadir hari ini sebagai perwakilan sekolah–sekolah di KUKAR, bisa menyebarluaskan informasi yang didapat,” harapnya. Sesuai jadwal, setelah Kabupaten Kukar, tim yang sama akan bergerak untuk melanjutkan sosialisasi serupa di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Rabu, (13/02) dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kamis, (14/02).

Sementara itu, selain Kabupaten Kukar, dihari yang sama, bertempat di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, juga diselenggarakan sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN 2019 dengan mengundang perwakilan sekolah di Kota Samarinda. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

Laporan Langsung Staf Humas UNMUL, Firdan Farezal, S.I.Kom dari Tenggarong, Kabupaten Kukar