Hari Ini Unmul Mulai Lakukan Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN


Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Senin, (30/01) menjadi tempat penyelenggaraan sosialisasi di wilayah Kota Samarinda. Paparan sosialisasi dibagi menjadi tiga sesi, pertama penyampaian profil Unmul secara umum yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sadjono, dilanjutkan paparan sistem seleksi SNMPTN dan SBMPTN yang diisi Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Drs. La Hasan., M.Si, serta penyampaian teknis tentang pendaftaran dan pengisian Pengisian Data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Secara garis besar perbedaan SNMPTN tahun ini yakni pada persyaratan siswa pendaftar dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A, 50% siswa terbaiknya akan diterima dari jalur tanpa tes ini, menyusul untuk akreditasi B 30%, akreditasi C 10%, dan akreditasi lainnya 5%. Sementara, untuk pemeringkatan dilakukan oleh panitia pusat.

“Dimulai hari ini, hingga beberapa hari ke depan Unmul telah menyiapkan tim sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN ke beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),” urai Kepala BAK didampingi Kepala Bagian Pendidikan BAK Unmul, Drs. Edward Doran.

Wakil Rektor Bidang Akademik dalam presentasinya juga sempat menghimbau kepada para perwakilan sekolah yang hadir agar dapat mencermati proses penginputan PDSS agar tidak terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian data yang dapat berakibat tidak baik untuk para siswa.

“Pengalaman tahun lalu masih ada saja sekolah yang salah dalam penginputan, sehingga siswa yang bersangkutan tidak lolos dalam jalur ini. Untuk para siswa agar cermati betul saat verifikasi PDSS. Karena sistem bisa mengkoreksi secara otomatis,” imbuh Prof Agung.   

Jadwal SNMPTN dimulai dari pengisian (PDSS) oleh pihak sekolah, tanggal 14 Januari sampai dengan 10 Februari 2017, dilanjutkan tahapan verifikasi data oleh siswa dan sekolah di PDSS tersebut mulai tanggal 15 Januari hingga 12 Februari 2017. Menyusul dengan proses pendaftaran oleh siswa secara online di tanggal 21 Februari hingga 06 Maret 2017. Proses seleksi 16 Maret sampai 15 April, sedangkan pengumuman hasil seleksi tanggal 26 April 2017. (hms/frn)