Hari ini, Ribuan Calon Mahasiswa Baru Padati Unmul


Data yang dimiliki universitas terbesar dan tertua di Kalimantan Timur (Kaltim) ini, sebanyak 9.706 peserta SBMPTN tercatat mengikuti ujian seleksi tertulis meliputi tiga ujian, yaitu kelompok Sains dan Teknologi (Saintek – IPA), kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum – IPS) dan kelompok ujian Campuran yang terdiri dari Saintek dan Soshum. Sedangkan, ujian keterampilan dilakukan pada tanggal 18 atau 19 Juni 2014 untuk beberapa Program Studi tertentu. 

Dari ribuan peserta ujian tersebut, mereka akan memperebutkan 1.947 kursi pada jalur ujian tulis ini atau sebanyak 30 persen, yang sebelumnya 2.998 calon mahasiswa baru atau sekitar 50 persen sudah terserap melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang digelar mulai bulan Februari lalu.

Sementara, data administrasi dan monitoring  yang dimiliki Unmul menunjukan angka yang lebih tinggi. Peminat per – program studi (Prodi) memilh universitas yang memiliki 14 Fakultas ini sebagai pilihan 1, 2 atau 3 menunjukan angka 24.519 pemilih yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia.   

Saat jam sudah menunjukan waktu pelaksanaan ujian tertulis, Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU didampingi Pembantu Rektor (PR) I, Prof. Dr. H. Afif Ruchaemi., M.Agr. Sc, PR II, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si, serta Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas dan Protokol Unmul, M. Ihwan, S.Sos., M.AP, melakukan kunjungan ke beberapa lokasi tempat digelarnya ujian untuk memastikan kelancaran proses ujian.  Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Unmul menempatkan sebagian peserta tes SBMPTN di GOR Segiri Samarinda, untuk memfasilitasi keterbatasan ruangan di kampus Unmul karena banyaknya jumlah peserta tes.

Menanggapi lonjakan jumlah peserta yang meningkat dari tahun lalu, panitia lokal Unmul, telah menyiapkan pengawas SBMPTN sebanyak 615 orang yang terdiri dari 29 orang pengawas lapangan, 97 pengawas ruang, serta 409 petugas pengawas yang tersebar di beberapa tempat penyelenggaraan ujian.

Setelah jalur SBMPTN, pada jalur berikutnya Unmul akan kembali membuka Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2014 yang dibuka pendaftarannya secara online mulai tanggal 17 sampai dengan 31 juli 2014 mendatang. (hms/frn)

 

Pra Registrasi Jalur SNMPTN 2014

Dihari yang sama panitia lokal Unmul juga menerima ribuan berkas calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 bertempat di Gedung Auditorium Unmul.

Berdasarkan kuota sebanyak 2.998 atau 50 persen dari calon mahasiswa baru diwajibkan melakukan pra registrasi atau melapor diri mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WITA dengan membawa kartu tanda peserta SNMPTN yang asli, buku raport asli berserta fotocopy kelas X, XI, dan XII yang sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang. Selain itu calon mahasiswa yang lulus pada jalur tanpa tes ini, diwajibkan pula membawa Ijazah atau STTB asli.

Selain itu, khusus calon mahasiswa yang lolos nominasi sebagai penerima beasiswa Bidik Misi setelah melakukan pra – registrasi wajib melaporkan diri pada panitia verifikasi beasiswa Bidik Misi. (hms/frn)