Grand Closing PIKMA BEM Unmul 2013


Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 21 Oktober hingga 18 November 2013 ini telah terlaksana setiap tahunnya dan tahun ini telah memasuki tahun ketiga.

PIKMA merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat serta kreatifitas mahasiswa yang digelar dalam beberapa bentuk kegiatan ilmiah dan kreatif. Selama hampir satu bulan pelaksanaan, BEM Unmul selaku penyelenggara menggelar beberapa kegiatan diantaranya debat ilmiah mahasiswa, paper call, pidato, karikatur, poster, fotografi serta olahraga.

Selain lomba, dalam kegiatan yang ada di dalam PIKMA 2013 ialah diskusi ilmiah bebas yang mengangkat permasalahan Uang Kuliah Tunggal (UKT), dimana diskusi itu menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dan mengetahu persis tentang UKT.

Ketua panitia PIKMA 2013 Rahmat Nur Hidayat mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Sivitas Akademika Universitas Mulawarman yang baik langsung maupun tidak langsung ikut mendukung kegiatan ini.

Dikatakannya, tanggung jawab BEM Unmul bukan saja untuk menampung aspirasi mahasiswa belaka, namun juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi, menambah wawasan, sekaligus menguji kemampuan mahasiswa dalam bidang akademis dan kreatifitas.

M. Ikbal Presiden BEM Unmul dalam sambutannya juga memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan PIKMA 2013,  pun kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

“BEM Unmul setidaknya bisa membuktikan eksistensinya dalam pengembangan karakter rekan-rekan mahasiswa, bukan sekedar menjadi agen perubahan tapi juga sebagai tempat berdiskusi secara ilmiah dan terbuka,” ungkap M. Ikbal.

Sedangkan PR III Unmul Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, MM dalam sambutannya untuk menutup secara resmi PIKMA 2013 ini mengatakan kegiatan ini tiap tahunnya selalu membawa efek positif bagi mahasiswa, dan mengharapkan semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini digelar.

“Unmul terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti PIKMA ini, selain juga positif untuk mahasiswa sendiri, hal ini juga positif untuk almamaternya,” ungkap Helminuddin.

“Dukungan Unmul akan terus ada dalam bentuk moril maupun materil, datang dan berdiskusilah bersama saya (baca: PR III) untuk gelaran kegiatan-kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Ke depan, ungkap M. Ikbal, BEM Unmul akan menghimpun seluruh PKM di Unmul untuk ikut serta berpatisipasi dalam PIKMA, yang nantinya akan kita gelar kegiatan Olimpiade khusus untuk mahasiswa Unmul, dan kita ciptakan suasana kompetitif. Tujuannya jelas untuk mendorong minat, bakat dan kreatifitas mahasiswa.

Diakhir acara, penyelenggara mengumumkan pemenang-pemenang beberapa mata lomba di PIKMA 2013. Dari semua lomba muncul Juara Umum dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Juara II Fakultas Pertanian, Juara III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Juara Harapan ialah Fakultas Ekonomi.