FPIK Unmul Open Kampus dan Kukuhkan Mahasiswa Baru


Sebanyak 300 lebih Maba yang diterima dari beberapa jalur penerimaan masuk mendapatkan pembekalan pengenalan kampus sebagai kegiatan rutin tahunan. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini mahasiswa mendapatkan materi seputar fasilitas kampus, jurusan, serta pengenalan kepada para pejabat fakultas lengkap dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Kegiatan yang bertajuk pengukuhan mahasiswa baru dan open kampus tersebut, Dekan FPIK Unmul, Dr. Ir. H. Abudunnur., M.Si menyebutkan, pada tahun akademik 2014/2015 ini jumlah mahasiswa untuk menempuh studi di FPIK melonjak dari tahun lalu.

Hal tersebut diakuinya karena diwaktu mendatang sektor perikanan akan memiliki prospek perkembangan luas. “Karena memang diketahui sektor perikanan memiliki prospek kerja yang lebih luas ke depan sesuai dengan rencana jangka panjang pemerintah pusat,” terangnya.

Meski demikian, menurutnya alumni FPIK juga tidak terus berharap setelah lulus nanti hanya ingin menjadi pekerja saja. Akan tetapi bisa menjadi pembuka lapangan pekerjaan baru  misalnya menjadi seorang wirausahawan muda. “Kalian semua harus mempersiapkan diri. Angkatan 2014 kalau bisa sebelum empat tahun sudah lulus. Manfaatkanlah semua fasilitas di Fakultas ini,” harapnya.

Dirinya juga berharap para Maba cepat bisa beradaptasi di lingkungan tempat belajarnya, mengingat minggu mendatang perkuliahan sudah kembali aktif.

Pembantu Rektor (PR) I, Prof. Dr. H. Afif Ruchaemi., M.Agr, Sc, sebelum membuka acara secara resmi berharap, akreditasi jurusan di FPIK yang seluruhnya sudah berpredikat B bisa menjadi landasan para mahasiswa mengembangkan ilmu pengetahuan kearah yang lebih baik.

Tidak lupa pejabat universitas yang bertanggung jawab pada bidang akademik itu menyampaikan aturan terbaru untuk masa studi selama menempuh gelar sarjana. “Semakin hari aturan semakin ketat, harus sama baiknya antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler aturan terbaru adalah aturan untuk masa studi yang semula bisa menempuh sampai tujuh tahun. Sesuai aturan yang telah berlaku, sekarang maksimal untuk masa studi adalah lima tahun, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Pembantu Rektor III, Prof. Dr. H. Helminuddin., MM tampak pula hadir menyapa mahasiswa baru. Sesuai tugasnya pada bidang kemahasiswaan, mantan Dekan FPIK ini menyampaikan beberapa tawaran beasiswa bagi para Maba lengkap dengan berbagai kegaiatan perkembangan minat dan bakat di Kampus terbesar di Kalimantan Timur ini.

Sebelum menutup acara serimonial pembukaan PAMB Fakultas, ia memaparkan jenis-jenis beasiswa yang berasal dari Pemerintah Pusat,Provinsi, Kota/Kabupaten dan perusahaan. Diantaranya yang cukup banyak peminat seperti Beasiswa Bidik Misi, maupun PPA dan BBM.

“Jangan khawatir selama proses perkuliahan untuk pendanaan kami sudah mempersiapkan beberapa beasiswa. Tidak kurang 6000 beasiswa bisa dinikmati mahasiswa Unmul. Akan tetapi kata kuncinya adalah prestasi,” tegasnya.

Di akhir acara pengukuhan, bersama Dekan FPIK, PR III mengunjungi beberapa stand pameran yang berisi publikasi kegiatan himpunan mahasiswa FPIK Unmul serta beberapa produk unggulan di bidang perikanan. Direncanakan besok PAMB di FPIK akan berlanjut dengan kegiatan bakti lingkungan disekitar kampus. (hms/frn)