FKTI Unmul Kembali Ikuti Konferensi Internasional Bidang Ilmu Teknologi


Konsorsium Keilmuan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman Menyelenggarakan International Conference on Science in Information Technology (ICSITech)

Haviluddin, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman

 

FKTI Unmul Kembali Ikuti Konferensi Internasional Bidang Ilmu Teknologi

Setelah sukses digelar di Kota Balikpapan, dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) Universitas Mulawarman (Unmul) yang dipercaya menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara The 2ndICSITech 2016. Tahun ini, The 3rd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech) 2017 bertema “Theory and Application of IT for Education, Industry, and Society in Big Data Era” telah dilangsungkan di Graha Hotel Universal, “Kota Kembang” Bandung.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tuan rumah penyelenggara bersama dengan Universitas Ahmad Dahlan, Unmul, UPN “Veteran” Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UTM Big Data Center, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Putra Malaysia, Universiti Malaysia Sabah, dan Universitas Budi Luhur.

ICSITech merupakan konferensi tahunan yang diadakan oleh mitra yang tergabung didalamnya. Konferensi ini bertujuan menjadi wadah sharing knowledge dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi bagi para peneliti.

Kali ini, 3rd ICSITech 2017 dihadiri lebih dari 100 pemateri dari berbagai negara seperti Jepang, Malaysia, Thailand, Pakistan, Colombia dan Indonesia. Hasil penelitian yang diseminasikan/dipresentasikan ini akan diterbitkan pada Prosiding IEEE yang terindex SCOPUS.

Konferensi ini juga turut menghadirkan pembicara dari universitas Jepang, Malaysia, dan Indonesia seperti diantaranya Prof. DR. Tsukasa Hirashima (Hiroshima University), Prof. DR. Halimah Badioze Zaman (Universiti Kebangsaan Malaysia) dan Prof . Ir. Dwi Hendratmo W., M.Sc., Ph.D. (Institute Teknologi Bandung).

FKTI merupakan perwakilan dari Universitas Mulawarman turut hadir dalam Konferensi ini. “Kami akan terus mendukung kegiatan ini dengan mengirimkan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa untuk diseminasikan”, Ungkap Dekan FKTI yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Fahrul Agus.

Bahkan, 3rd ICSITech 2017 kali ini juga telah menjalin ikatan kerjasama yang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan universitas mitra seperti Universitas Negeri Malang (UM), Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Samarinda, dan Telkom University.

Sebagai lanjutannya, pada tahun 2018 4th ICSITech akan dilaksanakan oleh mitra dari luar negeri yaitu Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). “Kami mengundang para peneliti Indonesia untuk menyampaikan hasil-hasil penelitian di UeTEM tahun depan. Selamat datang saudara dari Indonesia di UTeM Malaysia”, diungkapkan perwakilan UTeM, Dr. Ummi Raba'ah Hashim.

Ditambahkan bahwa 4th ICSITech 2018 nanti telah berkolaborasi dengan jurnal-jurnal bereputasi Internasional yang terindex SCOPUS, demikian ditegaskan salah satu penggagas ICSITech yang juga dosen dari Universitas Ahmad Dahlan, Andri Pranolo.