FK Unmul Akan Kirim Mahasiswa Koass ke RSUD AM Parikesit


Berlangsung di Pendopo Bupati Tenggarong, kesepakatan tersebut ditandatangani secara langsung oleh Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU, dan Dekan FK Unmul, dr. Emil Bachtiar Moerad, Sp.P bersama Bupati Kukar, Rita Widyasari serta Direktur RSUD AM Parikesit Tenggarong, dr. Martina Yulianti.  

Rektor Unmul mengungkapkan, kerjasama ini adalah sebuah sinergi yang saling menguatkan satu sama lain. Dijelaskannya, setelah meninjau langsung  segala fasilitas yang sudah tersedia di gedung baru RSUD AM Parikesit, dirinya yakin dalam waktu mendatang  segala kegiatan Koass mahasiswa FK akan berjalan dengan maksimal.   

“Saya pikir RSUD Parikesit sudah bagus sekali dan lengkap dalam segala sarananya. Mahasiswa Kedokteran Unmul membutuhkan semua itu, untuk menunjang segala kegiatan selama melakukan koass, potensi yang ada di Parikesit bisa dimaksimalkan mahasiswa,” ujarnya.

Di kesempatan tersebut, ia juga menyatakan bahwa FK Unmul akan meningkatkan kuota penerimaan mahasiswa baru yang semula hanya tersedia untuk 70 orang saja setiap tahunnya. Dirinya pun berharap akan selalu muncul mahasiswa-mahasiswa dari Kabupaten Kukar di setiap penerimaan mahasiswa baru.

“Insyaallah nantinya para dokter muda di Unmul akan mengabdi di rumah sakit ini, dan yang terpenting bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” cetusnya. Melanjutkan pernyataan Rektor,  Dekan FK Unmul  menyampaikan data yang diterima di Fakultasnya pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, tercatat dua orang siswa terbaik asal Kukar diterima masuk FK Unmul dengan raihan nilai tertinggi dibanding beberapa daerah lainnya di Provinsi Kaltim.

 “Pada jalur undangan (tanpa tes) penerimaan mahasiswa baru di Fakultas kami siswa dari Kukar merupakan pendaftar dengan nilai tertinggi dibanding daerah lainnya,” sebutnya.

Sebelum menuju Pendopo Bupati Tenggarong, didampingi wakil Direktur RSUD AM Parikesit, dr. Mauritz Silallahi, Rektor bersama rombongan terdiri dari, Kabag Kerjasama BAPKSI Unmul, H. Rustam, S.Sos., M.Si, Kasubbag Kerjasama dalam Negeri, Drs. Hasan Jaya Purnama, serta Kasubbag Humas dan Protokol Unmul, M.Ihwan, S.Sos., M.AP  terlebih dahulu menuju gedung baru RSUD AM Parikesit yang terletak di desa Teluk Dalam, Tenggarong Seberang untuk melihat segala sarana dan prasarana sampai dengan meninjau sebuah ruangan yang nantinya  akan digunakan sebagai ruang Koass mahasiswa FK Unmul yang beroperasi pada tahun 2015 mendatang.

Diketahui, FK Unmul sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan berbagai rumah sakit yang dinilai layak untuk tempat penyelenggaraan kegiatan akademik bagi para mahasiswa kedokteran di universitas plat merah ini. Selain itu juga diharapkan agar dapat terjalin kerja sama yang aktif dan efektif dalam meningkatkan mutu pelayanan, pendidikan, penelitian kedokteran  dan ilmu terkait lainnya.

Rumah Sakit tersebut diantaranya RSUD AWS Samarinda, RS IA Moeis Samarinda, dan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo,Balikpapan (hms/frn)