Field Trip ISJ Unmul Ke Malaysia dan Singapura


Indonesian Scholars Journal (ISJ) Unmul mengadakan kegiatan study tour dan field trip ke Malaysia dan Singapura pada tanggal 13 Agustus sampai dengan tanggal 17 Agustus 2014 di International Islamic University of Malaysia. Terlaksananya kegiatan ini didukung oleh Overseas Indonesian Student Association Alliance, Semut Merah 75 dan Muna Holiday Tour & Travel.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memotivasi, menambah wawasan mahasiswa dan melakukan studi perbandingan kampus antar negara. Selain itu diharapkan agar mahasiswa mampu berkaca dari negara yang mereka kunjungi sehingga menjadikan mereka mahasiswa yang kritis. Peserta Study tour ISJ Universitas Mulawarman mengadakan berbagai kegiatan study tour, kunjungan kampus dan konsolidasi antara mahasiswa Universitas Mulawarman dan mahasiswa International Islamic University of Malaysia (IIUM). Mahasiswa Unmul juga beramah tamah dengan mahasiswa IIUM dan melaksanakan kegiatan field trip ke Singapura. Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa dari berbagai fakultas diantaranya Fakultas Ekonomi (Fekon), FKIP, Fakultas Pertanian, Up. Fakultas Tikom, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas mulawarman.

Hari pertama kegiatan study tour dilaksanakan di Kampus International Islamic University of Malaysia (IIUM) dimana mahasiswa-mahasiswa Unmul di sambut dengan baik dan kemudian melakukan kegiatan inti berupa kunjungan dan konsolidasi bersama mahasiswa IIUM yang tergabung dalam organisasi Student Reresentative Council (SRC). Selain berkonsolidasi dengan mahasiswa SRC, peserta study tour juga mengadakan pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesi (PPI) di Malaysia. Rangkaian kegiatan pada hari pertama berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang didapatkan pada konsolidasi tersebut. 

Hari-hari berikutnya peserta study tour melaksanakan kegiatan field trip di malaysia dan singapura. Tempat-tempat yang dikunjungi di Malaysia adalah Menara Kembar petronas (Twin Tower) dan sekitarnya sedangkan di Singapura yaitu Merlion park dan sentosa Island. Kedua negara Malaysia dan Singapura telihat sangat tertata rapi, bersih dan tertib. Setiap pelanggaran, contohnya meludah disembarang tempat, akan dikenakan denda. Dari dua negara yang dikunjunggi, para peserta mendapatkan wawasan dan pola pikir baru.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus (continue) pada tahun-tahun berikutnya. 

 

Muhammad Napri

Ketua Indonesian Scholars Journal Unmul

+6285753545387

mnapri@gmail.com