FIB Unmul Tuan Rumah Kongres ILMIBSI


“Meningkatkan semangat kaum muda untuk lebih mencintai bangsa dan budaya Indonesia” menjadi tema utama dalam serangkaian agenda kegiatan yang pada hari ini dimulai dengan kegiatan Seminar Kebudayaan dan Pentas Seni tersebut.

Beberapa mahasiswa wakil dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang merupakan anggota dari ILMIBSI tampak hadir dalam acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor III, Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin., MM tersebut. Beberapa diantaranya berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan lainnya.

Pembantu Rektor III, saat mengawali sambutannya memaparkan gambaran secara umum mengenai Kampus Unmul kepada peserta dari luar daerah. Selain itu ia juga sangat mendukung terlaksananya kongres yang direncanakan akan berlangsung selama satu minggu itu.

“Dari kongres nantinya bisa dirumuskan hasil-hasil masukan yang merupakan lanjutan dari kongres sebelumnya. Saya juga berharap dari kongres ini bisa dibentuk sebuah media yang berisi tulisan-tulisan dari mahasiswa sastra diseluruh Indonesia,” ucapnya.

Pesan yang dalam juga disampaikan oleh pejabat yang bertanggung jawab pada bidang kemahasiswaan itu. Sebelum membuka acara secara resmi dirinya meminta kepada seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu budaya dan sastra untuk tidak meninggalkan kebudayaan asli Indonesia yang dirasa sekarang sudah mulai tergerus dengan kebudayaan asing dalam beberapa aspek kehidupan sehari-hari.

“Jangan sampai kita semua terbuai dan gandrung dengan kebudayaan luar sementara kebudayaan kita sendiri ditinggalkan. Pertahankan eksistensi kebudayaan Indonesia, “ katanya.

Dalam kongres dan rapat kerja membicarakan program dan agenda ILMIBSI satu tahun kedepan. Acara sendiri dimulai dengan sajian tarian selamat datang dari mahasiswa  FIB. Hadir pula dalam kesempatan ini Ketua UP. FIB Unmul, Surya Sili, Ph.D. (hms/frn)