Enos Tangke Arung, Guru Besar Baru Fakultas Kehutanan


Enos dikukuhkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI No 3954/A4.3/KP/2014 tertanggal 2 Januari 2014 dengan jumlah kredit 927,67 kum sebagai Profesor/Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Pria Kelahiran Rantepao 41 tahun silam ini mengedepankan sebagian besar penelitiannya dengan mengutamakan hasil hutan untuk kesehatan, kecantikan dan kesejahteraan masyarakat.

Komitmennya pada 3 hal utama tersebut tergambar dari hasil-hasil penelitiannya seperti Teh Tahongai serta Bedak Dingin Lolakng. Teh Tahongai adalah teh herbal yang mengandung zat anti oksidan  yang dapat menetralkan kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul oksigen yang reaktif. Kalau jumlahnya berlebihan dapat merusak sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai macam penyakit degeneratif seperti arteriosclerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah, hipertensi, arthritis, katarak, penyakit jantung koroner, kanker dan sebagainya.

Sedangkan Bedak Dingin Lolakng mempunyai manfaat mengurangi atau menekan produksi melanin pada kulit (mencerahkan kulit), antioksidan, anti jamur acne (Anti Jerawat) dan anti inflamasi.

Enos selama ini aktif dalam penulisan karya tulis ilmiah maupun penelitian di daerah baik nasional maupun internasional. Aktif pula dalam memberikan materi kuliah maupun seminar dan workshop di berbagai Universitas dalam dan luar negeri.

Yang terbaru, Enos Tangke Arung terpilih sebagai juara pertama Kategori Peneliti dalam RISTEK-MTIC Award 2012 yang diselenggarakan oleh Martha Tilaar Innovation Center (MTIC), bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi serta Sariayu Martha Tilaar.

Pengukuhan dilangsungkan dengan hikmat dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU. Enos diangkat sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Kayu Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.

Civitas Academika mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Enos Tangke Arung, S.Hut., MP atas gelar Guru Besar yang didapat berdasarkan prestasi yang telah diraih. Semoga terus berkarya dan membawa manfaat bagi kesejahteraan masyakarat.