Dokumentasi Bahasa Daerah Kalimantan Jadi Perbincangan Para Peneliti


Dibuka oleh Pembantu Rektor I, Unmul, Prof. Dr. Ir. H. Afif Ruchaemi., M.Agr., Sc dan berlangsung di  Ruang Serbaguna Rektorat Unmul, Selasa, (19/08). Pembicara pada workshop selama tiga hari ini, adalah Ketua UP. FIB Unmul, Surya Sili., Ph.D,  Antonia Soriente, Ph.D (Universitas Degli Studi DI Napoli L Orientale - Italy), Asako Shiohara, Ph.D (Tokyo University of Foreign Studies - Jepang), Kazuya Inagaki, Ph.D (Kobe CIty University of Foreign Studies - Jepang).

Selain itu hadir pula Anthony Jukes, Ph.D (La Trobe University - Australia), John Bodwen, Ph.D (Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology - Jakarta), Yanti, Ph.D (Universitas Atmajaya - Jakarta), serta Dr. G.Simon Devung, M.Pd, M.Si (Universitas Mulawarman). 

Workshop sendiri dibagi menjadi beberapa sesi yang mengulas berbagai pembahasan seperti diantaranya, mengenai jenis data yang dikumpulkan, manajemen data, bagaimana membuat rekaman. Sampai pada kerja kelompok tentang cara merekam dan memproduksi Metadata  seperti membuat rekaman monolog, melakukan terjemahan bebas, dan menghasilkan metadata.

Tidak ketinggalan diskusi seputar tradisi lisan dan sastra sebagai produk dari dokumentasi bahasa, etika adat dan distribusi bahasa di Kaltim, etika dalam dokumentasi bahasa, serta evaluasi.

Sementara itu, peserta yang hadir selain mahasiswa adalah para dosen dan peneliti dari beberapa wilayah di Kaltim maupun Kaltara. Diketahui, kegiatan internasional yang kesekian kalinya diselenggarakan FIB Unmul ini merupakan salah satu cara untuk menggapai predikat World Class University yang terus diupayakan pihak universitas. (hms/frn)