Dialog Interaktif, Unmul Fokus Membangun Budaya Ilmiah


Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati Dies Natalis ke 55 Tahun, Jum’at (22/09) malam, segenap pimpinan Universitas Mulawarman (Unmul), menyelenggarakan dialog interaktif bersama TVRI Kalimantan Timur (Kaltim) guna menyampaikan tekad besar dan konsep Unmul yang telah berusia 55 tahun untuk mulai membangun dan meningkatkan budaya ilmiah di kalangan civitas akademika. Selain itu, bertujuan mengakomodasi masukan dari masyarakat luas bagi upaya membangun Unmul dalam menyebarluaskan manfaat dari budaya ilmiah secara lebih konkrit.

“Dalam dialog ini kami juga bertujuan mentradisikan rangkaian kegiatan positif termasuk komunikasi dengan berbagai pihak dalam setiap Dies Natalis Unmul untuk meningkatkan modal sosial penting tidak hanya bagi kemajuan Unmul, tetapi juga kejayaan bangsa dan negara,” papar Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono di awal dialog yang dipandu oleh Dr. Sudarman., M.Pd sebagai Pembawa Acara.

Membangun budaya ilmiah menurutnya, menjadi demikian penting bagi Unmul, agar mampu mengakselerasikan diri menuju internasionalisasi di tengah persaingan ketat serta perubahan teknologi yang demikian pesat. 

“Dalam konteks praktis akhirnya perguruan tinggi ini dapat berperan secara lebih benar bagi pembangunan atas dasar ilmu pengetahuan yang dikuasainya. Dengan kata lain, membangun dan mengembangkan kemampuan menggunakan pendekatan logis dan empiris menjadi pilar penting,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si menyampaikan beberapa kegiatan akademik maupun non akademik serta beberapa agenda penting di Dies Natalis Unmul. Sebagai Ketua Panitia Dies, dirinya menyampaikan Unmul akan mengundang Rektor periode pertama Kampus Gunung Kelua, Prof. Dr. Ir. R. Sambas Wirakusumah., M.Sc dalam acara Sarasehan. Sedangkan, pada agenda Kampus Nusantara Mengaji dan Jalan Sehat, Unmul pun berencana akan menghadirkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.

Khusus untuk agenda Nusantara Mengaji, dari sisi kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP menganggap aktivitas ini sangat penting, karena berperan dalam meningkatkan peran serta dan apresiasi terhadap kehidupan beragama. “Dari acara tersebut, sasarannya adalah dari dan untuk mahasiswa, di agenda itu nanti juga semua unsur kemahasiswaan di Unmul akan terlibat,” urainya.

Berdurasi selama satu jam, dalam saluran telepon beberapa masyarakat menanyakan capaian Unmul di berbagai bidang, munculnya tema “Promoting Scientific Culture”  atau membangun Budaya Ilmiah, serta hal – hal penting yang direncanakan Unmul ke depan. (hms/frn)