Di Kaltim, UNMUL Tuan Rumah Harmoni Indonesia 2018


Sebuah agenda besar bernama Harmoni Indonesia terselenggara di GOR 27 September Universitas Mulawarman (UNMUL), Minggu, (05/08). Menggunakan teknologi live streaming, lokasi GOR yang terletak di Kampus Gunung Kelua itu terhubung langsung ke Koridor Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Tepat pukul 09.00 WITA, para peserta yang berjumlah lebih dari 4000 orang tersebut bersama paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Garuda Pancasila, dan Padamu Negeri yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan melibatkan 49 Universitas dan warga negara Indonesia di 10 negara sekaligus ditayangkan oleh 10 TV nasional.

Harmoni Indonesia 2018 adalah ajang nyanyi bersama yang diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, dan menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 serta disiarkan langsung dari 34 Ibukota Provinsi.  

Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo berharap, dengan Harmoni Indonesia ini dapat menjaga semangat persatuan dan kerukunan dalam berbangsa. Karena diakuinya jika semangat persatuan dan kerukunan dapat dijaga merupakan aset besar sebuah bangsa. "Agar kita sadar, agar kita paham, bahwa persatuan, kerukunan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita. Saya rasa itu yang bisa kita sampaikan," imbuhnya di Jakarta.

Sementara itu di Kota Samarinda Ibukota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pelaksanaan Harmoni Indonesia dipimpin oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si bersama Gubernur Kaltim, Dr. H. Awang Faroek., MM didampingi Walikota Samarinda, H. Syaharie Jaang., M.Si, perwakilan instansi vertikal dan jajaran terkait. “Acara yang digagas Presiden dan Kementerian ini merupakan sebuah bentuk guna menggugah dan menyemangati kembali bangsa akan persatuan,” tegas Rektor.

 

Launching Aplikasi SATU UNMUL

Satu lagi inovasi berhasil diimplementasikan civitas akademika UNMUL untuk menunjang aktivitas layanan. Di launching sebelum pelaksanaan acara Harmoni Indonesia, aplikasi SATU UNMUL merupakan penerapan teknologi informasi dalam sistem informasi di lingkungan UNMUL.

Merupakan sistem database yang terpusat atau dengan kata lain menjadi SATU akan memberikan informasi yang cepat, handal dan relevan karena tidak ada duplikasi data dan informasi meski bersumber dan sistem database yang berbeda.

 Sistem Aplikasi Terpadu (SATU) UNMUL, urai Rektor merupakan upaya integrasi sistem aplikasi yang dibangun di lingkungan UNMUL menjadi satu sistem database terpusat. “Sehingga nantinya akan menjadi sumber data informasi yang cepat, akurat relevan dan tidak terduplikasi,” kata Rektor. (hms/frn)